PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATRIKS BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Orin Asdarina(1*), Husnul Khatimah(2),

(1) 
(2) STKIP Muhammadiyah Aceh Barat daya
(*) Corresponding Author


Abstract


Kesulitan siswa dalam mempelajari materi matriks yaitu kesulitan dalam menentukan invers dan determinan matriks ordo 3x3. Kesulitan tersebut dikarenakan siswa belajar hanya  fokus pada buku paket yang disediakan dari sekolah dan tidak tersedianya modul pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi matriks. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi Geogebra yang valid, praktis, dan efektif di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Unggul Harapan Persada tahun ajaran 2020/2021. Hasil validasi oleh team expert maka modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi GeoGebra masuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 4.5 (Sangat Baik). Berdasarkan  hasil ujicoba lapangan, respon yang diberikan siswa diperoleh persentase rata-rata 82,6% dengan klasifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matriks berbantuan GeoGebra membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi matriks. Kemudian hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diberikan oleh observer diperoleh persentase rata-rata 83,33% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar siswa, siswa yang tuntas sebanyak 85,7% yang artinya hasil dari penerapan modul pembelajaran matriks berbantuan aplikasi Geogebra efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Keywords


GeoGebra; Modul; Pembelajaran Matriks

References


Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The EArbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Perada.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Danim, S. (2006). Visi baru menajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat PLT, Ditjen Dikdasmen.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education.

Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2007). Mathematics Teacher Development with ICT: Towards an International GeoGebra Institute. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics.

Korenova, L. (2017). GeoGebra in teaching of primary school mathematics. International Journal for Technology in Mathematics Education. https://doi.org/10.1564/tme_v24.3.08

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK (T. Rokhmawan, ed.). Lembaga Academic & Research Institute.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan perangkat Pembelajaran Matematia. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soewandi, A. M. S. (2005). Perspektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Yayasan Adhigama.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.