ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh disposisi matematika pada kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan pendekatan komparatif dan deskriptif. Data disposisi matematika didapatkan dari pengisian angket oleh seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Muara Jambi sedangkan data kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah menggunakan tes. Dari pengolahan angket disposisi matematika siswa di kategorikan menjadi dua level yaitu level 2 dan level 3. Setelah data dianalisis menggunakan uji multivariat yaitu uji Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hoteling’s Trace, dan Roy’ Largest Root diperoleh hasil berturut-turut adalah 0,429; 0,429; 0,430; 0,149. Nilai-nilai tersebut > 0,05, sehingga H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada rata-rata skor kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada tiap kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa disposisi matematika pada level 2 dan 3 tidak mempengaruhi kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan tersebut, guru harus memperhatikan faktor lain yaitu pengetahuan awal, gender, kemampuan membaca, menulis, diskusi, tugas dan strategi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4
Ansari, B. (2012). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Pena.
Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018.
Duskri, M., & Sari, N. T. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a7
Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
Fitri, L., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Disposisi Matematis, Koneksi Matematis, Dan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 47. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1778
Grootenboer, P., & Marshman, M. (2016). Mathematics, affect and learning: Middle school students’ beliefs and attitudes about mathematics education. In Mathematics, Affect and Learning: Middle School Students’ Beliefs and Attitudes About Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-981-287-679-9
Herlawan, & Hadija. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 166–175.
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 69–73.
Johnson, Ricahard A & Wichenrn, D. W. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis. Pearson Prentice Hall.
Khasanah, N. U. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Group Investigation. Skripsi.
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Persepsi Pada Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.
Novitasari, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 304–313.
Nuraidah, S., Sarifah, F. S. D., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, M. S., Hidayat, W., & Maya, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 525. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p525-530
Rahmadhani, E.-. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pembelajaran Dengan Strategi React. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 14. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1415
Rahmawati, R. P. D., Usodo, B., & Chrisnawati, H. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika JPMM, 1(3), 61–70.
Rencher, A. C. (1998). Multivariate Statistical Inference and Application. John Wiley and Sons, Inc.
Rott, B. (2020). Problem solving in mathematics education. In Research in Mathematics Education. https://doi.org/10.1080/14794802.2020.1731577
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Syasri, S. I. R., Hasanuddin, H., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4770
Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung [Difficulties in Learning Mathematics Concepts in Algebra: A Case Study of Grade VII Students in ABC School Lampung]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.453
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3511
Refbacks
- There are currently no refbacks.