ANALISIS KESULITAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Yulia Haryono(1*), Ratulani Juwita(2), Shinta Vioni(3),

(1) STKIP PGRI Sumatera Barat
(2) STKIP PGRI Sumatera Barat
(3) STKIP PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar dalam memecahkan masalah yang ditinjau dari minat dan apa saja faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah tersebut ditinjau dari minat belajar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dipilih secara purposive sampling yaitu membuka 6 orang, 2 orang minat belajar tinggi, 2 orang minat belajar sedang dan 2 orang minat belajar. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar, soal tes pemecahan masalah dan wawancara.Angket minat belajar dianalisis berdasarkan pengelompokan minat belajar, tes pemecahan masalah berdasarkan indikator kesulitan dalam memecahkan masalah dan analisis secara kualitatif menurut Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan minat belajar, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun rencana, peserta didik dengan minat belajar sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan rencana, serta peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun rencana, menyelesaikan rencana, dan menyelesaikan menyelesaikan kembali.


Keywords


difficulty analysis; interest to learn; math problem solving

References


Albay, E. M. (2019). Social Sciences & Humanities Open Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of fi rst year university students. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100006

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304

Hendriana, H., Rohaeti, Sumarno, E. E. &, & Utari. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas vii SMP negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis Program Sarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, h. 14.

Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar. 21(1), 1–9.

Hidayanti, R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi. Society.

Khasanah, N., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ABSTRAKSI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN FUNGSI. AKSIOMA, 10(1), 359–366.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/39/17

Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Muhammad Daud Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2, 58–67.

National Countil of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Journal of Equine Veterinary Science, 18(11), 719. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Rasiman, F. A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 415–430.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118. http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/151

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. VARIABEL, 2(1), 16–23.

Saputra, N. N., & Andriyani, R. (2018). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Sma Dalam Proses Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1403

Sulistiyorini, & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9. https://docplayer.info/36195360-Analisis-kesulitan-siswa-dalam-pemecahan-masalah-soal-cerita-matematika-pada-siswa-smp.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.