PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan pada pendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat yang berjumlah 52 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 3 Metro Pusat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Matematika 1, (1), 49-61.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Ibrahim, & Syaodih, N. (2013). Rencana Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jariatun. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Islam Negri Raden Intan.
Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Metro: Hamim Group.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematic Education : Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika 1 , (2), 73-94.
Noviani, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). Noviani Jamraul, dkk. 2017. The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Student’s Spasial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. Journal of Education and Practice 8, (34), 112-121 .
Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN 7 Medan Denai T.A 2018/2019. (Skripsi). Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar . Jakarta: Rajawali Pers.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3501
Refbacks
- There are currently no refbacks.