PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING

Lukman Hakim(1*), Sri Hastuti Noer(2),

(1) 
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia berbantuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis metode penemuan terbimbing yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, dan uji coba lapangan awal.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbantuan TIK berbasis metode penemuan terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Kata kunci: Multimedia; pemahaman konsep; TIK.

 

Abstract

This research is a development research that aims to produce student worksheet assisted by multimedia based on guided discovery method which is valid and practical to improve students' conceptual understanding ability. This development stage starts from a preliminary study, the preparation of learning development, validation, and initial field trials. The population of this research is all grade VIII students of SMP Negeri 3 Bandar Lampung in the 2020/2021 school year. The research data were obtained through observation, interviews, and questionnaires. The results showed that the student worksheet assisted with multimedia based on the guided discovery method had valid and practical criteria.

Keywords: Conceptual understanding; ICT; multimedia.


Keywords


Multimedia, Pemahaman Konsep, TIK,

References


Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linier. Aksioma, 7(1), 161–170.

Hariyono, M., & Widhi, E. N. (2021). Geoshape Digital: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SD. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” VIII(1), 35–50.

Harliawan, H., Tripalupi, L. E., & Indrayani, L. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–11.

Ismah, & Afifah, S. (2016). Melalui Media Interaktif Mischief dan Konvensional. Jurnal Teknodik, 20(20), 144–154.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleCilick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.

Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 AJIBATA. Jurnal Inspiratif, 3(2), 92–101.

Mulyati, Rochamimah, S., & Karniman, T. S. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII B SMP Negeri 14 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(1), 63–74.

Ningrum, K. D. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V di SDN Manggarai 09 Pagi Jakarta Selatan. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 307–313. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI, 2(2), 8–18.

Pertiwi, P., Handoko, H., & Toheri. (2020). Pengaruh Penerapan Meaningful Learning Berbantuan LKPD Bertema Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 127–137.

Rachmawati, A. D., Baiduri, & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540–550.

Rosdiana. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo ( Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo ). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 73–88.

Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 198–205.

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2015). Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat, 2(2), 56–64.

Vitantri, C. A., ’Ulya, H., Jayus, & Sholihah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(1), 21–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.