PROSES BERPIKIR VISUAL MATEMATIS SISWA EXSTROVERT DAN INTROVERT SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN TAHAPAN BULTON

Erika Christin Trisnawarni(1), Tri Nova Hasti Yunianta(2*),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan berpikir visual penting untuk dimiliki siswa sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat proses berpikir visual siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses berpikir visual berdasarkan tahapan Bulton pada siswa Sekolah Menengah Atas dengan tipe kepribadian exstrovert atau introvert saat menyelesaikan masalah matematis. Teknik pengambilan data dalam penelitian yaitu dokumentasi, non-tes/tes, dan  wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan siswa introvert dan exstrovert telah memenuhi semua tahapan berpikir visual menurut Bulton (looking, seeing, imagining, showing and telling). Adapun temuan yang menjadi simpulan penelitian ini  adalah siswa introvert sangat berhati-hati sedangkan siswa exstrovert cenderung kurang teliti dalam menyelesaikan masalah matematis.


Keywords


berpikir visual matematis; exstrovert dan introvert; proses; tahapan bulton

References


A Balton, "Decoding Visual Thinking, Naver Workshop, Visualising Creative Strategies," 2011. [Online]. Avaliable: htttp://www.issuu.com/gpbr/docs/decodingvisualthinking. [Diakses 27 Agustus 2017].

Aini, S. D., & Hasanah, S. I. (2019). Berpikir Visual dan Memecahkan Masalah: Apakah Berbeda Berdasarkan Gender? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2192

Arini, Z., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditiinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert, Mathedunesa, 2 (05): 128.

Ariawan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1193

Arif, M. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa PendidikanInformatika dalam Menyelesaikan Soal- Soal Turunan Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kepribadian dan Perbedaan Kemampuan Matematika. 1–7.

Berpikir, T., Mahasiswa, V., Guru, C., Trigonometri, M., & Handoyo, B. (2016). Profil Berpikir Visual. 22, 29–36.

Darmadi, & Handoyo, B. (2016). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika Dengan Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Masalah Triginometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 02(01), 75–84.

Darmadi, B. H., & Pratiwi, W. D. A. (2016). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Gaya Belajar Auditorial dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri.

Darmadi, B. H. Profil Berpikir Visual.

Dewiyani. 2012. The Thinking Process Profile The Students of Informatics System Departement in Solving The Mathematics Problem Based on The Personality Type and Gender. Proceeding. hal 1-10. STIKOM Surabaya.Glover,

Hasanah, N. (2009). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert - Introvert. 422–435.

Hasanah, N. M., & dan Sutrima. (2013). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Estrovert-Introvert dan Gender. Jurnal Pasca UNS, 1 No.4, 422–432.

Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMP N 2 Sumber Cirebon (Doctoral Dissertation, UIN Walisongo).

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215-226.

Peranannya, E., Dewi, T., Putri, C., & Sasono, M. (2017). Makalah Pendamping ISSN : 2527-6670 Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dasar. 286–289.

Qomariah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Kepribadian Extrovert dan Introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.

Sriyanto, S., Febrianta, Y., & Yuwono, P. H. (2019). Strategi Berpikir Visual Bagi Peserta Didik Gangguan Kecemasan Sosial untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 3(1), 65-78.

Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.349

Sumadi Suryabrata. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Surya, E. (2010). Peningkatan Representasi Visual Thinking Matematika Siswa SMP N 11 Medan Dengan Melatih Ketrampilan Menggambardan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Title.

Surya, E. (2011). Visual Thinking And Mathematical Problem Solving Of The Nation Character Development. -, 1-13.

Surya, E., Sabandar, J., & Kusumah, Y. S. (2013). Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 4(1), 113-126.

Upton, P. (2013). Psikologi Pekembangan. Jakarta: Erlangga

Visual thinking, Mathematical Problem Solving And Self- Regulated Learning With Contextual Teaching And Learning Approach Edy Surya. (2007).

Zafar, S., & Meenakshi, K. (2012). A Study On The Relationship Between Extroversion-Introversion And Risk-Taking In The Context Of Second Language Acquisition. International Journal Of Research Studies In Language Learning, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.5861/ijrsll.2012.v1i1.42.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.