KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI BIDANG DITINJAU DOMINASI OTAK KIRI MAHASISWA
(1) Muhammadiyah Surakarta University
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrizal. (2017). Mengoptimalkan potensi hemister (otak kanan) dalam proses pembelajaran. Al-Islah: Journal Pendidikan, 9(1), 119–137. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/9
Anisa. (2014). The Enchancement Of Problem Solving And Mathematical Communication Abilities Through Realistic Mathematics Education Instruction For State Junior High School Students In Garut Region Witri. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Baiduri. (2015). Pengaruh Tahapan Polya dalam Pemecahan Masalah terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 41–48.
Belecina, R. R., & Ocampo, J. M. (2019). Brain Dominance , Learning Styles , and Mathematics Performance of Pre-Service Mathematics Teachers. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 9(1), 1–14.
Demircioǧlu, H., Argün, Z., & Bulut, S. (2010). A case study: Assessment of preservice secondary mathematics teachers’ metacognitive behaviour in the problem-solving process. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 42(5), 493–502. https://doi.org/10.1007/s11858-010-0263-8
Gunawan, G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Sma Muhammadiyah 1 Purwokerto. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1731
Karlimah. (2010). Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan masalah serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan, 11(4), 51–60.
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959
Ninik, Hobri, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Program Linier. The Gleaner, 1, 211. https://doi.org/10.12681/er.9602
Pinto, Y., Neville, D. A., Otten, M., Corballis, P. M., Lamme, V. A. F., De Haan, E. H. F., Foschi, N., & Fabri, M. (2017). Split brain: Divided perception but undivided consciousness. Brain, 140(5), 1231–1237. https://doi.org/10.1093/brain/aww358
Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jisp, 2(1), 226–232.
Sariati, K., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2012). Penggunaan Strategi Heuristik Model Polya Pada Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. 28–34.
Sukoriyanto, S., Nusantara, T., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Students’ Errors in Solving the Permutation and Combination Problems Based on Problem Solving Steps of Polya. International Education Studies, 9(2), 11. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p11
Wigati, & Sutriyono. (2018). Deskripsi Penggunaan Otak Kiri Dan Otak Kanan Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bagi Siswa Smp. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.
Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/134/124
Wulandari S. Christine. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri. Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.
Yohanes. (2012). Strategi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Dominasi Otak Kiri Dan Otak Kanan. November, 978–979.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3482
Refbacks
- There are currently no refbacks.