PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PROGRAM LINIER BERBANTUAN SOFTWARE LINDO

Feri Haryati(1*), Ellis Mardiana Panggabean(2), Sri Wahyuni(3),

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Program linier berbantuan software lindo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developmental research) menggunakan tahapan perencanaan, perancangan, dan pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan Thiagarajan dan mahasiswa semester V pendidikan matematika sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi yang diisi oleh ahli bidang pendidikan matematika, lembar penilaian kepraktisan mahasiswa, dan tes hasil belajar dengan soal pemecahan masalah. Kualitas modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Hasil uji kevalidan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh bahwa bahan ajar Program linier Berbantuan software Lindo termasuk pada kriteria kelayakan sangat valid. Uji kepraktisan oleh mahasiswa pengguna bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar program linier berbantuan software lindo termasuk dalam kriteria sangat praktis. Adapun uji efektivitas bahan ajar program linier berbantuan software lindo pada tes hasil belajar mahasiswa menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis kelas yang menggunakan bahan ajar program linier lebih baik daripada kelas konvensional . Berdasarkan ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar program linier berbantuan software lindo memenuhi ketiga kriteria tersebut, yaitu: valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: bahan ajar;pengembangan.

Abstract

This study aims to develop teaching materials for linear programming assisted by lindo software. The research method used is developmental research using the stages of planning, design, and development adopted from the Thiagarajan development model and fifth semester students of mathematics education as research subjects. The instrument used consisted of a validation sheet filled out by experts in the field of mathematics education, student practicality assessment sheets, and learning outcomes tests with problem solving questions. The quality of the developed modules is reviewed from the aspect of validity, practicality and effectiveness. The results of the validity test from experts consisting of material experts, media experts and linguists obtained that the Lindo software-assisted linear program teaching materials included in the eligibility criteria were very valid. The practicality test by students using teaching materials was found that the linear program teaching materials assisted by the Lindo software were included in the very practical criteria. The test of the effectiveness of linear programming teaching materials assisted by Lindo software on student learning outcomes tests using students' mathematical problem solving abilities showed that the mathematical problem solving abilities of classes using linear programming teaching materials were better than conventional classes. Based on these three results, it can be concluded that the linear programming teaching materials assisted by the Lindo software meet the three criteria, namely: valid, practical, and effective.

 

Keywords: development, teaching materials


Keywords


bahan ajar;kemampuan pemecahan masalah matematis

References


Arifin, Z. (2018). Penggunaan Software Lindo dalam Matakuliah Program Linear. Jurnal Theorems, 3(1), 1-19.

Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Integrating MATLAB in teaching linear programming at the university level. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 1(2), 84-89.

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2018). Our Prospective Mathematic Teachers Are Not. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156.

Hardiyantari,O. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77–83.

Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Visual Thinking Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 64-71.

Nugroho, P. B., Badawi, & Prihatmojo, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Pembelajaran Berbasis Data Covid -19 Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Mahasiswa Terhadap Hoaks. AKSIOMA, 10(2), 467-478

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 51–65Octaria, D. (2016). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1, pp. 402-413. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Purnomo, D. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. jurnal aksioma, 1(2), 1-8.

Rosiyanti, H. (2016). Penggunaan Software Lindo Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Matematika Angkatan 2013 Pada Mata Kuliah Program Linier. Jurnal Fibonaci, 2(2), 1-9

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran (1 ed.). Surakarta: Lombok Holistica.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. YOgyakarta: Alfabeta.

Ibrahim, N. (2013). PRINSIP-PRINSIP DESAIN PEMBELAJARAN. Mataram: JAKARTA PRENADA MEDIA GROUP .

Susanto, F., & Ayuni Suri, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT Dengan Strategi Pemecahan Masalah Matematis Bagi Peserta Didik SMP Di Kavbupaten Pringsewu . Jurnal Aksioma, 6(3), 301-307.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.

Wahyuni, D., Masykur, R., & Pratiwi, D.D.(2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika DeENGEMBANGAPendekatan Matematika Realistik. Jurnal Aksioma , 8(1), 32-40.

Yulianti, E., Zulkardi, & Siroj, R. A. (2013). Pengembangan Alat Peraga Menggunakan Rangkaian Listrik Seri-Paralel Untuk Mengajarkan Logika Matematika Di Smk Negeri 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 25-32.

Zulmaulida , R., & Saputra, E. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Program Linier Berbantuan Lindo Software. Infinity Journal, 3(2), 189-216.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.