ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LOGARITMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Eka Aprilia(1*), Triyanto Triyanto(2), Diari Indriati(3),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika.penelitian ini adalah penelitian deskriftif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 pada kelas X.subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa dengan kemampuan awal tinggi, dua siswa kemampuan awal sedang dan dua siswa kemampuan awal rendah. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes dan hasil wawancara. Focus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang logaritma berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dipengaruhi oleh kemampuan awal yang mereka miliki. Sehingga siswa dengan kemamapuan awal tinggi mendominasi lebih menguasai indikatoer pemahaman  konsep dibandingkan dengan siswa berkemampuan awal sedang atau rendah.


Keywords


analisis, kemampuan awal, pemahaman konsep

References


Akramunnisa, & Sulestry, A. I. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gaya Kognitif Field Independent ( Fi ). Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 46–56. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy

Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 5(1), 68–75. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/167/160

Fadhilaturrahmi. (2017). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Hendriana, H. (2017). Hard Skills da Soft Skills Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Kartika Irawati, R. (2014). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing serta Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184–192. https://doi.org/10.17977/jps.v2i4.4534

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–23.

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.