PROFIL TINGKATAN BERPIKIR STATISTIS SISWA DALAM MENGANALISIS DAN MENGINTERPRETASIKAN DATA
(1) Sebelas Maret University
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Berpikir statistis merupakan proses berpikir seseorang mengenai kemampuan untuk mengerti dan memahami bagaimana cara mendeskripsikan data, mengorganisasikan dan mereduksi data, merepresentasikan data serta menganalisis dan menginterpretasikan data, yang diimplementasikan pada permasalahan nyata.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil tingkatan berpikir statistis siswa yang berkemampuan awal rendah dalam menganalisis dan menginterpretasikan data. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa berkemampuan awal rendah di kelas VIII SMP Walisongo 1, Semarang. Metode Think Aloud diterapkan untuk mengumpulkan data. Data diperoleh melalui data lisan dan data tertulis berupa instrumen masalah statistik pada materi statistika (pemusatan data dan penyebaran data).Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir statistis siswayang berkemampuan awal rendah berada pada tingkat 1:Idiosyncratic, siswa menggunakan pemikiran subjektif, menggunakan isyarat visual untuk mendapatkan informasi atau membuat keputusan, sehingga menghambat kemampuan subjek untuk menentukan ukuran pusat atau ukuran penyebaran.
Kata kunci: Berpikir statistis; menganalisis dan menginterpretasi data; tingkatan berpikir statistis.
Abstract
Statistical thinking is a thinking process related to the ability to understand how to describe, organize, reduce, present, analyze and interpret the data, which is implemented in real problems. This research aims to describe the profile of the level of statistical thinking of students with low initial abilities in analyzing and interpreting data. The subjects of this study were three students with low initial abilities in Junior High School of Walisongo 1, Semarang. The Think Aloud method is applied to collect data. The data obtained through verbal data and written data in the form of statistical problem instruments on statistical materials (center data and spread data).The results showed that the statistical thinking level of students with low initial abilities was at 1th level: Idiosyncratic, students used subjective thinking, used visual cues to obtain information or make decisions, thus inhibiting the subject's ability to determine the size of the center or the size of the spread.
Keywords: analyzing and interpreting data construct; statistical thinking; statistical thinking level.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S.(2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraini, N., Syamsurizal, S., & Marzal, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Integrated Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 390. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1580
Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Siswono, T. Y. E. (2017). Literasi statistik : Siswa SMA dalam membaca , menafsirkan , dan menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Isami), 1(1), 79–85. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/41
Luthfaturrohmah, Ekawati, R., & Rahaju, E.B. (2018). Level Penalaran Statistik Siswa Dalam Masalah Statistika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Seminar Nasional KMP UNY 2018. In Implementasi Riset dan Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Abad XXI.
Martadiputra, B. A. P., Suryadi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Infinity Journal, 1(1), 79. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.8
Masjudin, M., Muzaki, A., Abidin, Z., & Ariyanti, I. A. P. (2020). Analysis of Student’s Statistical Thinking Ability in Understanding the Statistical Data. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032063
Meylasari, N. D., Sujadi, I., & Subanti, S. (2021). The Profile of 8th Graders' Level of Statistical Thinking: a Case of Analyzing and Interpreting Data. J. Phys.: Conf. Ser. 1796 012052. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012052
Meylasari, N. D., Sujadi, I., & Subanti, S. (2021). The Profile of Students with Moderate Initial Statistical Thinking Ability in Analyzing and Interpreting Data. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 79. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i1.2245
Miles, Mathew B., & Huberman, A.M. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Mooney, E. S. (2002). A Framework for Characterizing Middle School Students’ Statistical Thinking. Mathematical Thinking and Learning, 4(1), 23–63. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0401_2
Muslimah, N. (2019). Profil Level Berpikir Statistis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.. https://www.digilib.uinsby.ac.id.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.
Nazariah, Marwan, & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan. Jurnal Didaktik Matematika, 4185(1), 35–52.
OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do. Student Performance in Mathematics,Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014), PISA, OECD Publishing.http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en.
Permendikbud. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018 KI-KD SD MI SMP SMA. Jakarta.
Rosidah. (2016). Penalaran Statistis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 57–65. https://journal.uncp.ac.id/Index.Php/Proceding/Article/View/370%5C
Simbolon, A. K., & Siahaan, L. M. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Terhadap Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa di Progdi Akuntansi UNPRI. Curere/Vol.4/No.1/April2020/ p-ISSN: 2597-9515.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
TIMSS. (2015). International Results in Science.Boston: http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/
Ulusoy, C. A., & Altay, M. K. (2017). Analyzing the statistical reasoning levels of pre-service elementary school teachers in the context of a model eliciting activity. International Journal of Research in Education and Science, 3(1), 20–30.
Waru, M.V, Minggi, I., Annas, S. (2015). Deskripsi Persepsi Tentang Statistika Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ips Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 70. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1319
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3463
Refbacks
- There are currently no refbacks.