EFEKTIVITAS PENDEKATAN INDUKTIF DEDUKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MASA PANDEMI
(1) IKIP Siliwngi
(2) IPI Garut
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(5) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas menggunakan pendekatan induktif deduktif berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas, yaitu kelas XI IPA 5 dan XI IPA 2 yang banyaknya 68 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk soal uraian sebanyak 4 soal. Soal tersebut sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis deskriptif dan analisis inferensial meliputi uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test (Independent Samples T-test) atau uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 18 diperoleh hasil bahwa pendekatan induktif deduktif berbantuan Geogebra dengan pendekatan biasa memiliki nilai sign. sebesar 0,000, karena nilai sign. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan induktif deduktif berbantuan Geogebra lebih efektif dibandingkan pendekatan biasa ditinjau dari kemampuan berpikir matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, Y., Duskri, M. & Ahmad. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), p. 38-48.
Amri. (2009). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Tesis pada PPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.
Atikasari, G., & Kurniasih, A. W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TTW Berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), p.85-94.
Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424.
Bagherzadeh, Z., Keshtiaray, N., & Assareh, A. (2017). A brief View of the Evolution of Technology and Engineering Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(10), 6749–6760.
Dewanto, S. P. (2003). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif. Tesis pada PPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99.
Firdaus, As'ari, A.R. & Kohar,A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open Ended pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori penelitian dan pengembangan 1(2). p.227-236.
Haerudin. (2011). Penerapan Metode SAVI dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung Volume 1, p. 287 – 291.
Handoko, H. (2013). Pembentukan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Strategy di Laboratorium Teezania. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 287-291.
Hendriana,H., Rohaeti, E.E. & Sumarmo U. (20170. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14-25.
Nur, I. R. D (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Judika, 4(01).
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika. 6(2).
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2019). Analysis of Students ’ Creative Thin ing in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49– 60.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53.
Rahmah, M. (2018). Pendekatan Induktif-Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis pada Siswa SMP. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah, 4(1), 1-9.
Randa, R., Sugiatno & Astuti,, D. 2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Tingkat Disposisi Matematis Pada Materi Program Linear di Kelas XII MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(10).
Rochmad. (2010). Proses Berpikir Induktif dan deduktif dalam Mempelajari Matematika. Jurnal Matematika Kreatif - inovatif. Volume 1 Nomor 2. Hal 107 -117.
Sugilar. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Infinity,2(2).
Sumaryati, E. & Sumarmo, U. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif disertai Strategi Think-Pair-Square-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2(1).
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(1), 1-12.
Usman , M. R., & Halim, St. N. H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Software Geogebra pada Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal Majamath, 1(2).2018
Wardaya, P., Kurniasih, N., & Maryam, I. (2014). Peningkatan Kreativitas dan Pemaham Konsep Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis ICT Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Segiempat. E-Journal Ekuivalen-Pendidikan Matematika.11(1) 2014.
Widiani, T., Rifat, M & Ijuddin, R. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Jurnal Khatulistiwa,2016. 5(1), p.1-14.
Wulandari, A. E. & Darminto, B. P (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik. Jurnal Ekuivalen, 24(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3452
Refbacks
- There are currently no refbacks.