PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN BERDASARKAN RECCE-MODEL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI

Arif Hidayatul Khusna(1*), Aprilia Kholivatul Annisa(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pembelajaran matematika berdasarkan RECCE-MODEL yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa pada materi transformasi geometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D. Tahapan pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Produk dari pengembangan ini adalah instrument pembelajaran berupa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dan Tes yang berisi materi geometri transformasi dengan dasar RECCE-MODEL. Kedua instrumen ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan penyebaran angket respon dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan SPSS untuk menentukan reliabilitas tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tingkat kevalidan LKM 79%, tingkat kepraktisan 85%. Tes memperoleh 75% untuk kevalidan, 0,748 untuk reliabilitas dan 81% untuk kepraktisan. Keefektifan untuk keduanya dikatakan efektif dengan hasil persentase pekerjaan mahasiswa yang memenuhi kemampuan kognitif berdasarkan tahapan RECCE-MODEL sebesar 97,5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen pembelajaran dapat mengukur kemampuan kognitif pada materi geometri transformasi..


Keywords


Instrumen; RECCE-MODEL;Kemampuan kognitif; Geometri transformasi.

References


Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 30–42. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053

Akib, E. (2015). The Validity and Reliability of Assessment for Learning (AfL). Education Journal, 4(2), 64. https://doi.org/10.11648/j.edu.20150402.13

Aldoobie, N. (2015). ADDIE MODEL. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Alifia Gunita Ningsih, Arif Hidayatul Khusna, A. F. J. (2020). Pembelajaran Matematika Menggunakan Kerangka Kerja RECCE Untuk Mendukung Kompetensi Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 242–251. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2599

Amelia, H., Wati, M., & Hartini, S. (2018). Pengembangan Instrumen Kognitif Untuk Mengukur Penalaran Siswa SMP Di Kota Banjarmasin Pada Materi Cahaya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 83. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4450

Anderson,.L.W.,& Krathwol, D. . (2001). REVISED Bloom ’ s Taxonomy Action Verbs.

Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a9.2018

Annur, M. F., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Aktivitas Metakognisi Siswa Kelas X SMAN 2 Tembilahan Dalam Pemecahan Masalahan Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitf. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 720–730.

Ar.Rizka, S. (2016). Ar Rizka, Sailah. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Transformasi untuk Kelas VII SMP Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Skripsi S1 Jurusan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/15640/

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91. http://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/384

Chong, M. S. F., & Shahrill, M. (2016). The use of an emerging framework to explore students’ cognitive competency. Indian Journal of Science and Technology, 9(16). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i16/78812

Chong, M. S. F., Shahrill, M., & Li, H. C. (2019). The integration of a problem-solving framework for Brunei high school mathematics curriculum in increasing student’s affective competency. Journal on Mathematics Education, 10(2), 215–228.

Chong, M. S. F., Shahrill, M., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). Teaching problem solving using non-routine tasks. AIP Conference Proceedings, 1952(April). https://doi.org/10.1063/1.5031982

Darmawati. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMPN 17 Makassar. Universitas Alauddin Makasar, 1–237.

Febrian, & Perdana, S. A. (2017). Memfasilitasi Penalaran Geometri Transformasi Siswa Melalui Eksplorasi Motif Melayu Dengan Bantuan Grid. Jurnal Gantang, II(2), 157–164.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.

Haqq, A. A., Nur’azizah, & Toheri. (2019). Reduksi Hambatan Belajar melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117–127. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/1901/pdf_10

Irfan, Muhammad, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Mind Map Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 107–114.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Moreno, R. (2015). Educationmal Psychology. PhD Proposal, 1. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

N.Andini. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Coutenance Stake,. 8–25.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Nurul Adhityanti Putri. (2014). Pengembangan Insrtumen Kemampuan Kognitif Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X Jasa Boga Di SMK Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Rogier, D. (2014). Assessment Literacy : Building a base for better teaching and learning. English Teaching Forum, 3, 2–13. https://doi.org/10.2307/20404455

Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap kemampuan Memprediksi, Mengobservasi Dan Menjelaska Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5(2), 111–118.

Samosir, T., Diawati, C., Kadaritna, N., & Fadiawati, N. (2009). Development Assessment Of Acid Base Based On Science Process Skill.

Santrock, J. W. (2010). Educational Pshychologi (5th Editio). McGraw-Hill, an imprint of Th e McGraw-Hill Companies, Inc.,.

Setiawan, H., Sa, C., Akbar, dun, Artikel Abstrak, I., & Setiawan Pendidikan Dasar, H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. 874–882. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Simanjuntak, E., Hutabarat, H. D. M., & Hia, Y. (2019). The effectiveness of test instrument to improve mathematical reasoning ability of mathematics student. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012048

Sullivan, G. M. (2011). A Primer on the Validity of Assessment Instruments. Journal of Graduate Medical Education, 3(2), 119–120. https://doi.org/10.4300/jgme-d-11-00075.1

Suryanto, S. (2016). Developing An Assessment Instrument Of Junior High School Studens’ Higher Order Thingking Skills In Mathematics. Research and Evaluation in Education, 2(1), 92–107.

Susanah, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Matematika Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1:), 7–12. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1977

Yasmine, E. A., Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Geometri Transformasi Sebagai Asesmen Kemampuan Kognitif Mahasiswa berdasarkan RECCE-MODEL. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 145–158. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1544




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.