MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY BASED ON REFLECTIVE COGNITIVE STYLES
(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini meliputi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang mewakili gaya kognitif reflektif dan sesuai dengan pertimbangan guru. Materi tes uraian untuk mengukur kemampuan koneksi matematis adalah materi yang telah dipelajari siswa yaitu materi persamaan linear dua variabel. Intrumen tes kemampuan koneksi matematis terdiri dari tiga butir soal yang mana setiap satu soal memuat satu indikator. Intrumen tes untuk mengukur gaya kognitif reflektif siswa menggunakan Matching Familiar Figures Test (MFFT) yang dicetuskan oleh Jerome Kagan. Instrumen MFFT pada penelitian ini mengadopsi dari Warli (2010). Hasil menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif siswa dalam kategori baik. Siswa telah memenuhi paling sedikit dua indikator kemampuan koneksi matematis dari pencapain tiga indikator kemampuan koneksi matematis yang harus dipenuhi yaitu siswa dapat menghubungkan konsep-konsep antar topik matematika lainnya dan menghubungkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Gaya kognitif reflektif; kemampuan koneksi matematis; matematika.
Abstract
This research aims to describe students' mathematical connection ability based on their reflective cognitive style. This is a qualitative descriptive research involved eighth graders of State Junior High School of 20 Jambi in the academic year of 2020/2021. The subject was two students determined using purposive sampling technique who represented reflective cognitive style and were in accordance with the teacher's considerations. The essay test material to measure the mathematical connection ability is those that students had learned which are the two-variable linear equation material.The mathematical connection ability test instrument consists of three items, each of which contains one indicator. The test instrument to measure students' reflective cognitive style was the Matching Familiar Figures Test (MFFT) invented by Jerome Kagan. The MFFT instrument in this study was adopted from Warli (2010). The result showed that students’ mathematical connection ability viewed from students’ reflective cognitive style was in the good category. Students have fulfilled at least two out of three mathematical connection ability indicators: students were able to connect certain topics and other topics. and connect mathematical concept into daily life.
Keywords: Mathematics; mathematical connective ability; reflective cognitive style.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apipah, S., & Kartono, K. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research 6(2), 148-156.
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 3(2), 254.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education 10(1), 2087-8885.
Lin, P. C., Lu, H., & Lin, Y. C. (2018). A Study of Knowledge Dimension and Cognitive Process Pattern of Cognitive Style Difference in STEM Cooperative Learning Environment. International Journal of Information and Education Technology 8(10), 720-724.
Mahendra, N. R., & Mulyono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Model PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1), 62-71.
Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education, 68-77.
Muhtarom, Sugiyanti, Utami, R. E., & Indriana, K. (2018). Metacognitive ability of male students: difference impulsive-reflective cognitive style. J. Phys: Conf. Ser.983 012118.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United State of America.
Nur, N., & Yulianti, K. (2019). Nur, N. & Yulianti, K. (2019). Analysis Of Mathematics Problem Solving Ability Viewed From Students’ 6(1) 28-39Cognitive Style. Proceedings STEMEIF.
Prihastanto, A. R., & Fitriyani, H. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Yang Bergaya Kognitif Reflektif-Impulsif Dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Didaktika: Jurnal Pemikiran Matematika 23(2), 2621-8941.
Saminanto, & Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation with One Variable Based On Connectivity Theory. International Journal of Education and Research. International Journal of Education and Research 3(4), 259-270.
Sari, R. P., Johar, R., & Hidayat, M. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Meaningful Instructional Design di SMP PKPU Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika 5(1), 54-61.
Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 6(2), 11-12.
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika 6(2), 106-116.
Widiyawati, Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa 6(1), 28-39.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3439
Refbacks
- There are currently no refbacks.