PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GEOMETRI DASAR BERBASIS WINDOWS GEOMETRY (WINGEOM)

Reni Astuti(1*), Yadi Ardiawan(2), Nurmaningsih Nurmaningsih(3),

(1) 
(2) IKIP PGRI Pontianak
(3) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan modul praktikum geometri berbasis Wingeom (Window Geomtry) pada mahasiswa pendidikan matematika. Modul praktikum yang dikembangkan adalah untuk materi pada praktikum mata kuliah Geometri Dasar. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah tersedianya modul praktikum pada mata kuliah geometri dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau penelitian research and development approach (R & D).  Pengembangan bahan ajar mengacu pada model 4-D yang diadopsi dari model pengembangan Thiagarajan, yaitu: (1) Define (pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan); dan (4) Disseminate (pendiseminasian). Subjek penelitian dilakukan terhadap 48 mahasiswa pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi tak langsung dan pengukuran dengan alat pengumpul datanya berupa angket dan tes hasil belajar. Modul dikatakan valid berdasarkan penilaian validator; dikatakan praktis berdasarkan hasil angket respon mahasiswa; dan dikatakan efektif berdasarkan hasil uji coba modul. Adapun hasil penelitian ini diperoleh bahwa modul memenuhi kevalidan dengan rata-rata 93,3% dan tergolong sangat valid. Hasil angket respon memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata 4,47 dari rata-rata maksimal 5,00. Hasil tes kemampuan mahasiswa juga memenuhi kriteria keefektifan, hal ini ditunjukkan bahwa 50% mahasiswa atau 24 mahasiswa telah mencapai KKM yang ditentukan dengan mendapatkan nilai ≥ 77,50 dan dari 24 mahasiswa tersebut, separohnya mendapatkan nilai ≥ 88,00. Berdasarkan ketiga hasil tersebut menunjukkan bahwa modul praktikum geometri berbasis wingeom memenuhi ketiga kriteria tersebut, yaitu: valid, praktis, dan efektif.


Keywords


Basic Geometry; Practicum Module; Wingeom.

References


Dafrita, I. E., & Nurmaningsih, N. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kalkulus Integral Berbasis Aplikasi Wxmaxima Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 10(2), 62. Https://Doi.Org/10.26418/Jpmipa.V10i2.28421

Fitri, D. Y., Septia, T., & Yunita, A. (2013). Pengembangan Modul Kalkulus 2 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Di Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Pelangi, 6(1), 65–76. Https://Doi.Org/10.22202/Jp.2013.V6i1.288

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 1(1), 2598–3954.

Habibi, M. (2014). Pengembangan Modul Pecahan Berbasis Konstruktivisme Dengan sisipan Karikatur Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 27–48. Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.1.2175.7609

Hartono, W., & Subali Noto, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333.

Matanluk, O., Mohammad, B., Kiflee, Dg. N. Ag., & Imbug, M. (2013). The Effectiveness Of Using Teaching Module Based On Radical Constructivism Toward Students Learning Process. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 90, 607–615. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2013.07.132

Muslim, M., Martias, M., & Nasir, M. (2019). Correlation Of Activities Learning With Learning Outcomes Student In Vocational High School. Vanos : Journal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 137–148.

Nugraha, A. N. C., & Muhtadi, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 16–31.

Nugrahini, N. P. P. (2012). Pengembangan Modul Ajar Aplikasi Basis Data Dengan Model Pembelajaran SQ3R Untuk Siswa Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 1 Negara Oleh. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 1(3), 1–12.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Ariyanti, I. (2020). Pengembangan Modul Teori Peluang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Disposisi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i2.2824

Pangesti, F. T. P., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Smp Berbasis Cognitive Load Theory Berorientasi Pada Prestasi Belajar Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 33. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V12i1.14055

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika Jpm Rafa, 2(1), 56–84.

Pratiwi, M., & Septia, T. (2016). Efektivitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom Pada Materi Geometri. Lemma, 3(1), 97–107.

Rizqi Robby, R., & Sanwidi, A. (2019). Penerapan Media Lectora Inspire Dan Aplikasi Wingeom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Geometri. Briliant : Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 394–400. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant

Rozak, A., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50.

Sanwidi, A. (2020). Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 721–728. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant

Shadaan, P., & Kwan Eu, L. (2021). Effectiveness Of Using Geogebra On Students’ Understanding In Learning Circles. Mojet: The Malaysian Online Journal Of Educational Technology, 4(1), 1–11. Www.Mojet.Net

Sofnidar, S., Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Penerapan Pendekatan Pmri Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa Pgsd Universitas Jambi. Prosiding Semirata Fmipa Universitas Lampung, 489–504.

Thiagarajan, T., Sivasailam, S., & And Other. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook Indiana Univ., Bloomington. Center For Innovation In Teaching The Handicapped. National Center For Improvement Of Educational Systems (Dhew/Oe).

Van De Walle, J. A., Karp, K. S., Bay-Williams, J. M., Wray, J. A., & Brown, E. T. (2016). Elementary And Middle School Mathematics : Teaching Developmentally. Pearson Education Uk.

Yudhaskara, H., & Tjahyaningtias, R. R. H. P. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software Di SMK Gama Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 891–896.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.