PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY
(1) Sebelas Maret University
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA ditinjau dari self efficacy khususnya pada materi matriks. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data utama pada penelitian ini adalah hasil tes pemahaman konsep matematika, angket self efficacy dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa dengan self efficacy tinggi, sedang dan rendah yang kemudian diberi tes pemahaman konsep matematika. Penelitian dilakukan dengan wawancara terhadap hasil tes siswa dan melakukan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan self efficacy tinggi sudah baik dengan menguasai indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menjelaskan keterkaitan antara konsep satu dengan konsep lainnya dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Sedangkan siswa dengan self efficacy sedang menguasai indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Dan siswa dengan self efficacy rendah hanya menguasai indikator menyatakan ulang sebuah konsep.
Kata kunci: Pemahaman konsep matematika; self efficacy.
Abstract
The purpose of this study is to describe the understanding mathematics concepts of senior high school students' in term of self-efficacy, especially in matrix. This study is descriptive qualitative that the main data of this study are test, questionnaire, and interview. The research subjects is senior high school students’ with many categories such as high, medium, and low in self-efficacy. Then, the researcher give test about the understanding mathematics concepts. The researcher is doing interview and triangulation method to the students. The results of this study indicate that the students' understanding of mathematics concepts with high self-efficacy is good by mastering the conceptual understanding indicators, such as restating a concept, classifying the objects according to specific categories, presenting concepts in various forms of mathematics representation, explaining the relationship between one concept and another concept and applying some concepts in problem solving. Meanwhile, the students with medium self-efficacy are mastering indicators of restating a concept, classifying the objects according to specific categories and presenting concepts in various forms of mathematics representations, and the students with low self-efficacy are only mastering the indicator of restating a concept.
Keywords: Self efficacy; understanding of mathematics concepts.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asfar, A. M. I. T., Afsar, A. M. I. A., Darmawati, & Darmawan, D. (2018). The Effect of REACE (Relating, Exploring, Applying, Cooperating and Evaluaring) Learning Model Toward the Understanding of Mathematics Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012145
Bardini, C., Pierce, R., Vincent, J., & King, D. (2014). Undergraduate mathematics students’ understanding of the concept of function. Journal on Mathematics Education, 5(2), 85–107. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1495.85-107
Christidamayani, A. P., & Kristanto, Y. D. (2020). The effects of problem posing learning model on students’ learning achievement and motivation. ArXiv, 2008, 100–108. https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9981
Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Fitri, I. (2017). Peningkatan Self Efficacy Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Modul Matematika Kelas Viii Smp Negeri 2 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.17
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Kusumaningsih, W., Darhim, Herman, T., & Turmudi. (2018). Gender differences in algebraic thinking ability to solve mathematics problems. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012143
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematik. Refika Aditama.
Mardiana, R. E., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2018). Identifikasi Self-Efficacy Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 09(02), 168–173.
Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990
Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA N 5 The Effect of Self-Efficacy on Understanding Mathematical Concepts by Applying the Discovery Learning Model to XI MIA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(April), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/322516050.pdf
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800
Subaidi. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal ∑igma. Universitas Madura, 1(2), 64–68.
Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548
Wardani, F. (2020). An analysis of student’s concepts understanding about simple harmonic motion: Study in vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012079
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388
Refbacks
- There are currently no refbacks.