ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Irmawaty Natsir(1*), Anis Munfarikhatin(2),

(1) 
(2) Universitas Musamus
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dalam menyelesaikan soal matematika pada konten change and relationship dan space and shape. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan majemuk (multipel intelligence), tes kemampuan literasi matematika dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa yang dipilih berdasarkan kecerdasan dominan dari seluruh siswa kelas VIII SMP IT Ibnu Sina dan mewakili setiap kecerdasan yaitu kecerdasan intrapersonal, interpersonal, kinestetik, dan logika matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kecerdasan intrapersonal hanya memenuhi indikator kemampuan komunikasi pada konten change and relationship dan space and shape; 2) subjek dengan kecerdasan interpersonal hanya mampu memenuhi indikator kemampuan matematisasi pada konten change and relationship dan pada konten space and shape subjek belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi, matematisasi, dan kemampuan memilih strategi; 3) subjek dengan kecerdasan kinestetik belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi, matematisasi, dan memilih strategi untuk menyelesaikan masalah pada konten change and relationship maupun space and shape; 4) subjek dengan kecerdasan logika matematika telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi, matematisasi, dan memilih strategi dalam menyelesaikan masalah pada konten change and relationship.

Kata kunci: Literasi matematika; multiple intelligence; change and relationship; space and shape.

 

Abstract

This study aims to describe students' mathematical literacy skills based on multiple intelligence in solving math problems on the content of change and relationship and space and shape. This research is a qualitative descriptive study. The instruments used in this study were multiple intelligence questionnaires, math literacy skills tests and interview guides. The subjects in this study were four students who were selected based on the dominant intelligence of all eighth grade students of SMP IT Ibnu Sina and represented each intelligence, namely intrapersonal, interpersonal, kinesthetic, and mathematical logic. The results showed that: 1) subjects with intrapersonal intelligence only met the indicators of communication skills in content change and relationship and space and shape; 2) the subject with interpersonal intelligence is only able to meet the indicators of mathematical ability in change and relationship content and the subject's space and shape content has not met the indicators of communication skills, mathematics and the ability to choose strategies; 3) subjects with kinesthetic intelligence have not met the indicators of communication skills, mathematics, and choose strategies to solve problems in change and relationship content as well as space and shape; 4) the subject with mathematical logic intelligence has met the indicators of communication skills, mathematics, and chooses strategies in solving problems with content change and relationship.

Keywords: mathematical literacy; multiple Intelligence; change and relationship; space and shape


Keywords


mathematical literacy; multiple Intelligence; change and relationship; space and shape

References


Gench, M. & Erbas. A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. IJEMST : International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3).

Sari, Rosalia Hera Novita. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaiman? Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, ISBN 978-602- 73403-0-5.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Stacey, Kaye. (2011). The PISA View Of Mathematical Literacy In Indonesia. J.M.E: Journal on Mathematics Education , 2(2), 95-126.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Report.

Haarh, J., Nielsen, T., Hansen, E, & Jakobsen, S. (2005). Explaining Student Performance: Evidence from the International PISA, TIMSS and PIRLS Surveys. Danish Technological Institute.

Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), ISSN: 2302-5158.

Aini, N. R, dkk. (2018). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9964

Munfarikhatin, A & Natsir, I. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Konten Space and Shape. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1), 128-138.

Widodo, S.A.,Sunardi.,& Diah, N. (2015). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5.

Astuti, N.K., Fahinu., & Masuha, J. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta di Kota Kendari. JPPM: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 99-112.

Syawahid, M.,& Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240. http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Gardner, H. (2011). Multipel Intelligence (Terjemahan). Jakarta: Daras Book.

OECD. (2016). PISA 2015 Results (volume I): excellence and equity in education. Paris: OECD Publishing.

Elisa, E.A. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Bilangan Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(6), 67-72

https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8.

Fakhriyana, D.,Mardiyana.,& Aryuna, D.R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assesment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. JPMM: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(6), 421-434.

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 441-448.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.