EFEKTIVITAS SIMULASI “R” DALAM PEMBELAJARAN DISTRIBUSI PELUANG VARIABEL RANDOM

Andhika Ayu Wulandari(1*), Annisa Prima Exacta(2), Joko Sungkono(3),

(1) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(3) Universitas Widya Dharma
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran distribusi peluang variabel random melalui simulasi dengan software R. Dua kelas sampel yang terpilih melalui clustered sample random mempunyai kemampuan pemahaman konsep yang sama berdasarkan analisa data pretest. Analisa data menggunakan statistik uji-t dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen berupa bahasa pemrograman R dan soal pemahaman konsep beserta rubrik penilaiannya dinyatakan sangat valid oleh dua validator dengan rata-rata skor penilaian masing-masing 4,1389 dan 4,0278. Data hasil instrumen tersebut selanjutnya dianalisis dengan uji t pada tingkat kesalahan 5% sebagai uji efektivitas simulasi “R” dan diperoleh keputusan bahwa Hditolak. Ini berarti bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan mahasiswa dari kedua kelas sampel dalam memahami konsep distribusi peluang. Dilihat dari rata-rata marginalnya, kelas yang menggunakan simulasi R mempunyai kemampuan pemahaman konsep lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran konvensional.

Keywords


Distribusi Peluang; Pemahaman Konsep; Simulasi R

References


Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan Library Management System (SLiMS). Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi KHIZANAH AL-HIKMAH, 1(1), 19–33. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/23

Budiharto, W., & Rachmawati, R. N. (2013). Pengantar Praktis Pemrograman R untuk Ilmu Komputer. Halaman Moeka Publishing. http://socs.binus.ac.id/files/2016/06/Pengantar-Praktis-Pemrograman-R-untuk-Ilmu-Komputer.pdf

Eggen, P., & Kauchack, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks.

Fitri, I. N. (2017). Pengembangan dan Analisis Media Pembelajaran Simulasi Merakit Komputer Berbasis Dekstop [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/51672/1/IKA NURHAYATI FITRI 12520244011.pdf

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Khatibah. (2011). Penelitian kepustakaan. Jurnal Iqra’, 05(01), 36–39.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing ( Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 76–85.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, II(1), 41–51.

Sarvina, Y. (2017). Pemanfaatan Software Open Source “R” untuk Penelitian Agroklimat. Informatika Pertanian, 26(1), 23–30.

Sihombing, R. E., Rachmatin, D., & Dahlan, J. A. (2019). Program Aplikasi Bahasa R Untuk Pengelompokan Objek Menggunakan Metode K-Medoids Clustering. Jurnal EurekaMatika, 7(1), 58–79. https://ejournal.upi.edu/index.php/JEM/article/download/17888/9742

Suparno, P. (2016). Motivasi Dan Teknik Pembelajaran. 174–175. https://repository.usd.ac.id/7142/1/2752_20161014+UKDW+MOTIVASI+DAN+TEKNIK+PEMBELAJARAN+DI+PT.pdf

Wahyuni, D., & Baroroh, K. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 9(April), 102–122. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/4155/3598

White, H., & Sabarwal, S. (2014). Quasi-Experimental Design and Methods (Issue 8).

William N Venables, D. M. S. (2013). An Introduction to R: A Programming Environment for Data Analysis ang Graphics (2nd ed.). Network Theory Ltd.

Wustqa, D. U., Listyani, E., Subekti, R., Kusumawati, R., Susanti, M., & Kismiantini, K. (2018). Analisis Data Multivariat Dengan Program R. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 2(2), 83–86. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i2.21913

Yudistira, I. G. A. A. (2013). Desain Animasi Statistika Berbasis Bahasa Pemrograman R. E-Journal WIDYA Eksakta, 1(1), 1–6. https://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ejournal-eksakta/article/view/128

Yuherni, Maimun, & Yunita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293–1306.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.