KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGIKA MATEMATIKA BERDASARKAN KREATIVITAS BELAJAR

Rahman Haryadi(1*), Dwi Oktaviana(2),

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran adaptif dalam menyelesaikan soal logika matematika berdasarkan kreativitas belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas B semester I IKIP PGRI Pontianak dimana diambil dua mahasiswa untuk kreativitas belajar tinggi, kreativitas belajar sedang, dan kreativitas belajar rendah. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, teknik komunikasi tidak langsung, dan wawancara, sedangkan instrumen pada penelitian ini adalah soal tes penalaran adaptif, angket kreativitas belajar, dan pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa mahasiswa dengan kreativitas belajar tinggi mememenuhi empat indikator yaitu menyusun dugaan, memeberikan alasan terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, dan memeriksa kesahihan suatu argumen namun belum memenuhi indikator menemukan pola dari gejala matematis, mahasiswa dengan kreativitas belajar sedang hanya memenuhi dua indikator yaitu menyusun dugaan dan memeriksa kesahihan suatu argumen dan Mahasiswa dengan kreativitas belajar rendah hanya memenuhi satu indikator yaitu memberikan alasan atau bukti terhadap suatu pernyataan.


Keywords


Kemampuan Penalaran Adaptif, Kreativitas Belajar, Logika Matematika

References


Amalia, N. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 01(01), 31–45.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa Smk Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 142–147. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.42

Hanifah, A. I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dilihat dari Skema Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Reforma, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.9

Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa Smp. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.691

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan, 1(2), 182–190.

Hidayati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Penalaran Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di STAIN Ponorogo. Kodifikasia, 7(1), 137–153.

Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kelas VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–12. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18396/15527

Irawati, S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linier. Sigma, 1(1), 29–34.

Kasmer, L., & Kim, O.-K. (2011). Using Prediction to Promote Mathematical Understanding and Reasoning. School Science and Mathematics, 111(1), 20–33. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2010.00056.x

Katagiri, S. (2004). Mathematical Thinking and How to Teach It. In Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovation for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking.” Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.

Kilpatrick, J., & Swafford, J. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academiy Press.

Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179

Mirati, L. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Novianti, D. E. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Materi Logika Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 24–30.

Ponte, J. P., Mata-Pereira, J., & Henriques, A. C. (2012). O raciocínio matemático nos alunos do Ensino Básico e do Ensino Superior. Praxis Educativa, 7(2), 355–377. https://doi.org/10.5212/praxeduc.v.7i2.0003

Purnamasari, L., WA, S., & Hadiyah. (2013). Pengaruh Model Savi Terhadap Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Jurnal Mahasiswa PGSD UNS, 1(5), 1–6.

Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001808/penelitian/Makalah+Semnas+2013+an+R+Rosnawati+FMIPA+UNY.pdf

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 151–158.

Zulkarnaen, R. (2017). Penerapan Pendekatan Realistik Berbantuan Ict Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii. Euclid, 3(2), 578–587. Amalia, N. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 01(01), 31–45.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa Smk Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 142–147. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.42

Hanifah, A. I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dilihat dari Skema Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Reforma, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.9

Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa Smp. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.691

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan, 1(2), 182–190.

Hidayati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Penalaran Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di STAIN Ponorogo. Kodifikasia, 7(1), 137–153.

Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kelas VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–12. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18396/15527

Irawati, S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linier. Sigma, 1(1), 29–34.

Kasmer, L., & Kim, O.-K. (2011). Using Prediction to Promote Mathematical Understanding and Reasoning. School Science and Mathematics, 111(1), 20–33. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2010.00056.x

Katagiri, S. (2004). Mathematical Thinking and How to Teach It. In Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovation for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking.” Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.

Kilpatrick, J., & Swafford, J. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academiy Press.

Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179

Mirati, L. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Novianti, D. E. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Materi Logika Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 24–30.

Ponte, J. P., Mata-Pereira, J., & Henriques, A. C. (2012). O raciocínio matemático nos alunos do Ensino Básico e do Ensino Superior. Praxis Educativa, 7(2), 355–377. https://doi.org/10.5212/praxeduc.v.7i2.0003

Purnamasari, L., WA, S., & Hadiyah. (2013). Pengaruh Model Savi Terhadap Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Jurnal Mahasiswa PGSD UNS, 1(5), 1–6.

Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001808/penelitian/Makalah+Semnas+2013+an+R+Rosnawati+FMIPA+UNY.pdf

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 151–158.

Zulkarnaen, R. (2017). Penerapan Pendekatan Realistik Berbantuan Ict Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii. Euclid, 3(2), 578–587. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.334




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.