HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES BERPIKIR MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Himmatul Ulya(1*), Ratri Rahayu(2),

(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa dan mendeskripsikan keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester VI dalam mata kuliah Analisis Kompleks. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus yang berjumlah 27 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar mahasiswa aspek kognitif dan keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang meliputi analisis inferensial untuk menguji korelasi antarvariabel dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Sebagian besar keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa hanya mencapai predikat B yaitu sebesar 48,15% mahasiswa, rata-rata keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa adalah 62,96 dan secara klasikal tergolong pada predikat BC, serta berdasarkan indikator, keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa belum optimal karena hanya mencapai rata-rata 57,87 %.


Keywords


Learning outcomes; mathematical thinking process skills; Mathematics Education Universitas Muria Kudus

References


Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 1(2), 155–164.

Ambarwati, R., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180–186.

Aminah, N., & Firmasari, S. (2017). Keterampilan Proses Berpikir Matematika Mahasiswa Ditinjau dari Performance Assessment. Jurnal Euclid, 3(2), 588–603.

Andriani, Ikhsan, M., & Ansari, B. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 55–63.

Dachi, S. W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal EduTech, 3(1), 109–116.

Dewi, I. A. S. (2017). Analisis Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Model Pembelajaran Inquiry. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami UIN Malang, 469–475.

Gagne, R. (1983). The Condition of Learning. Holt Saunders.

Khamidah, K., & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.38

Novikasari, I. (2016). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dan Tingkat Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru SD/MI. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 120–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.671

Rahayu, R., Ulya, H., Kartono, & Isnarto. (2019). Asesmen Kolaboratif Pada Pembelajaran Etnomatematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Matematis dan Disposisi. Pena Persada.

Rahayu, R., Ulya, H., Kartono, Isnarto, & Kurniasih, N. (2018). Collaborative Assessment Using QR-Code on Ethnomathematics Learning for Pre-Service Teacher. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 413–417.

Rasi, H., Kuivila, H., Pölkki, T., Bloigu, R., Rintamäki, H., & Tourula, M. (2017). A Descriptive Quantitative Study of 7- and 8-Year-Old Children’s Outdoor Recreation, Cold Exposure and Symptoms in Winter in Northern Finland. International Journal of Circumpolar Health, 76(1), 1–7.

Salmi, H., Vainikainen, M. P., & Thuneberg, H. (2015). Mathematical Thinking Skills, Self-Concept and Learning Outcomes of 12-Year-Olds Visiting a Mathematics Science Centre Exhibition in Latvia and Sweden. Journal of Science Communication, 14(4), 1–19.

Sapa’at, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematis Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 10(1).

Saragih, S. (2008). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 310–327.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sukestiyarno, Y. L. (2012). Statistika Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah, Disposisi dan Berfikir Kritis Matematika Serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA-UPI.

Wahyuni, A. (2017). Korelasi Antara Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p

Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. 2(1), 42–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215

Widyaningtyas, R. (2010). Peranan Guru dalam Melakukan Penilaian Ketrampilan Proses. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 1(1).

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 448–453. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.