EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN DIGITAL SISWA
(1) Pendidikan Matematika Universitas Jambi
(2) Pendidikan Matematika Universitas Jambi
(3) Pendidikan Matematika Universitas Jambi
(4) Pendidikan Matematika Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan media pembelajaran di era digital sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dikarenakan penggunaan media ini dapat menumbuhkan pembelajaran yang lebih efektif. Ada banyak pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan, salah satunya adalah media berupa video pembelajaran. Selain dapat memudahkan siswa memahami konsep dari materi yang dipelajari, video pembelajaran juga bisa mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan guna melihat efektivitas penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah post test only control group design dan teknik analisis data penelitian menggunakan uji manova. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes kemampuan literasi numerasi siswa, dan angket literasi digital siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji multivariate diperoleh bahwa H0 ditolak. Berdasarkan uji lanjut menggunakan uji T2 Hotelling diperoleh bahwa H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi dan literasi digital siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran di kelas efektif ditinjau dari kemampuan literasi numerasi dan kemampuan literasi digital siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras terhadap Keaktifan Belajar Matematika SIswa. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 87-90. doi:https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gavamedia.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. doi:https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Eshet, Y. (2002). Digital Literacy: A New Terminology Framework and It Application to the Design of Meaningful Technology-based Learning Enviroments. World Conference on Educational Multimedia, (pp. 493-498). Retrieved from http://www.editlib.org.ezproxy.csu.edu.au/index.cfm?fuseaction=Reader.ViewFullText&paper_id=10316.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 136-150. doi:https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Journal of tehe Mathematics Education Study Program, 7(1), 61-67. doi:https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Heinich. (1998). Instructional Media and Technologies for Learning 6th. USA Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.
Krisna, F. P., & Marga, M. H. (2018). Pemanfaatan Video untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual pada Topik Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 400-405). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2354
Kusumah, Y. S. (2010). Studi tentang Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Tipe Interaksi Tutorial dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung: FMIPA UPI.
Lankshear, C., & Knobel, M. (2008). Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. New York: Peter Lang Publishing.
Muliawanti, S., & Kusuma, A. B. (2019). Literasi Digital Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika. 5, pp. 317-324. Purworejo: Departement of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo. Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/728#:~:text=LITERASI%20DIGITAL%20MATEMATIKA%20DI%20ERA%20REVOLUSI%20INDUSTRI%204.0,-Sari%20Muliawanti%2C%20Anggun&text=Revolusi%20Industri%204.0%20merupakan%20hal%20yang%20sering%20dibicarakan
Nini, Y., Aunurrahman, & Fadillah. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12314
Niswa, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/241362-pengembangan-bahan-ajar-mendengarkan-ber-0afe1078.pdf
Pangesti, F. T. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.
Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing Students' Digital Literacy Skill in Senior High School Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 169. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahayu, R. D., Prayitno, E., Tinggi, S., & Ronggolawe, T. (2020). Minat dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 69-80. doi:https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064
Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. (2012). Charting Digital Literacy: A Framework for Information Technology and Digital Skills Education in the Comunity Collage. Innovations 2012. Philadelphia: League for Innovation in the Community Collage.
Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81-91. doi:https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Saman, S., Ma'rufi, M., & Tiro, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-5. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1426
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2019). Instructional Technology and Media for Learning. United States: Pearson.
Soegiono, A. N. (2019, Januari 28). Tiga Aspek Literasi Digital: Mengapa Ponsel Membuat Anda Sulit Fokus. Retrieved Februari 20, 2020, from The Conversation: http://theconversation.com/tiga-aspek-literasi-digital-mengapa-ponsel-membuat-anda-sulit-fokus-103062
Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media Pembelajaran. Bandung: CV Sinar Baru Bandung.
Xiao, F., Barnard-brak, L., Lan, W., & Burley, H. (2019). Examining Problem-solving Skills in Technology-rich Environments as Related to Numeracy and Literacy. International Journal of Lifelong Education, 327-338. doi:https://doi.org/10.1080/02601370.2019.1598507
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Refbacks
- There are currently no refbacks.