PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning terintegrasi keterampilan Abad 21 untuk peserta didik kelas X SMA yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Penelitian ini terdiri dari tiga fase yaitu: (1) fase investigasi awal (preliminary research); (2) fase prototipe (prototyping phase); dan (3) fase penilaian (assessment phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu silabus, RPP, dan LKPD yang divalidasi oleh tiga validator, uji coba terbatas dilakukan pada enam peserta didik kelas X SMAN 15 Pekanbaru. Hasil validasi dari ketiga validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran adalah valid dengan rata-rata 3,40 untuk silabus; 3,49 untuk RPP; 3,52 untuk LKPD; 3,46 untuk soal kemampuan berpikir kreatif, hasil angket respon peserta didik terhadap LKPD yaitu 87,04%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 dengan penerapan model Problem Based Learning untuk peserta didik pada materi aturan sinus dan cosinus kelas X SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afdareza, M. Y., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Development of Learning Device Based On 21st Century Skill with Implementation of Problem Based Learning to Increase Critical Thinking Skill of Studies on Polyhedron for Grade 8th Junior High School. Journal of Education Sciences, 4(2), 273-284.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, II(1), 63-78.
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8-11.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3(1), 27-38.
Indriyani, Y. (2013). Mengembangkan Konsep Sains dan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Bimbingan : Penelitian Tindakan Kelas di SDN kelas 1 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun Ajaran 2012. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ismara, L., Halini, & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1-8.
Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter dengan model Treffinger bagi siswa SMA. Journal of Education Technology, 1(2), 71-76.
Lestari, L. T., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta pada Peserta Didik SMA. JRKPF UAD, 6(1), 10-16.
Maimunah, Yuanita, P., & Solfitri, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau. Jurnal Al-Khwarizmi, 5(1), 13-24.
Muntaha, A., & Hartono. (2013). Upaya Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Primary Educational, 2(2), 115-119.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. London: Kluwer Academic Publisher.
Pranita, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Az-Zuhra Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Putri, A., Kartini, & Yuanita, P. (2020). The Effectiveness of Learning Tools Based on Discovery Learning That Integrates 21st Century Skills to Mathematical Critical Thinking Ability in Trigonometric Materials in High School. Journal of Physics: Conference Series.
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83-92.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.
Sultoni, A., & Agustanto, A. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Problem Based Learning Berpendekatan Scientific Pada Materi trigonometri. PRISMA, Prosiding Semianar Nasional Matematika IX (pp. 26-35). Semarang: UNNES. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/indek.php/prisma/article/view/21424
Supardi, U. S. (2015). Peran Berfikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248-262.
Suriyani. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Edu Science, 2(2), 28-34.
Susianna, N. (2014). Implementasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains dan TIK STKIP Surya (pp. 1-13). Tangerang: STKIP Surya.
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225). Semarang: UNNES. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Yuan, X., & Sriraman, B. (2011). An Exploratory Study of Relationships Between Students’ Creativity and Mathematical Problem-Posing Abilities. In Sriraman, B., Lee K.H (eds) The Elements of Creativity and Giftedness in Mathematics. Advances in Creativity and Giftedness. 1. doi:10.1007/978-94-6091-439-3_2
Yuniarti, T., Riyadi, & Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911-921.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3331
Refbacks
- There are currently no refbacks.