DISAIN PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan disain pembelajaran matematika topik program linear berbasis Realistic Mathematics Education pada program keahlian akuntansi dan keuangan kelas X SMK. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp, yang memuat tiga tahapan yaitu tahap prelimenary, tahap disain dan tahap assessment. Namun, pada artikel ini hanya membahas efektivitas disain pembelajaran topik program linear terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang termasuk pada tahap assessment. Sebagai subjek dalam tahap ini adalah siswa SMK kelas X, dengan instrumen berupaa tes kemampuan pemecahan masalah yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap one-to-one evaluation disain pembelajaran topik program linear belum memiliki dampak yang berarti untuk siswa kemampuan rendah. Namun berpotensi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berkemampuan sedang dan tinggi. Pada tahap small group evaluation disain pembelajaran topik program linear sudah efektif, karena jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melebih 60% yaitu 5 dari 6 orang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan disain pembelajaran topik program linear ini memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan rata-rata untuk keseluruhan indikator adalah 81,85%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, Marzuki, dkk. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”. Jurnal. Vol. 6, No. 3, September 2017.
Anisa, Witri Nur. 2015. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Peserta Didik SMP Negeri di Kabupaten Garut”. Jurnal. Vol. 1 No. 1, pp. 73-82, September 2015.
Armiati, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kompetensi Profesi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi”, Dirjen PT Depdiknas. Penelitian Hibah Bersaing: FMIPA-UNP, 2008.
Armiati. (2018). Mengembangkan Higher Order of Thinking Skill Melalui Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal LEMMA, Vol. IV No. 1, 7–19, Juni 2018
Armiati, & La’ia, H. T. (2018). The Developed Mathematics Learning Tools Which Based on Professional Competency In The Phase of One to One Evaluation For Trigonometry Topic In The Major of Information and Communication Engineering of SMK. Anvances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 285, 45–48.
Armiati, & Laia, H. T. (2020). Dampak Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Profesi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan), 4(1), 57–65.
Armiati, Permana, D., & Noperta. (2019). The practicality of realistic mathematics education based mathematics learning materials for grade X vocational high school students construction and property engineering programme. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 1062–1066.
Amin, Mustaghfirin. 2016. Formulasi Kurikulum SMK Diterapkan 2017. Pikiran Rakyat, (online)(http://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/2016/09/15 /formulasi-kurikulumsmk-diterapkan-2017-379878
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
Coplin, Bill. 2012. 10 Things Employers Want You to Learn in College, Revised: The Skills You Need to Succeed. California: Ten Speed Press
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Elvianni, Vinni Chika. Desain Bahan Ajar Program Linear Berbasis Teori Jerome S. Bruner Pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Maret 2018.
Fauzan A, Plomp T & Gravemeijer K. 2013. Educational Design Research Part B: an Introduction ed T Plomp and N Nieveen. Enschede: SLO pp. 159-178.
Freudenthal, H. (1991). Revisiting mathematics education: China lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers
Hidayat, Riyan, dkk. 2015. “The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming”. Creative Education, 6, 2438-2445.
Ikram, Syafrizal. 2017. Influence Of The Average Value Of Competency Test Of Manual Accounting On The Average Value Of Myob Competency Test. International Journal Of Scientific & Technology Research. Volume 6, ISSUE 10, October 2017 ISSN 2277-8616.
Karaca, Sebahat Yetim, dkk. 2017. “The Effects of Realistic Mathematics Education on Students’ Math Self Reports in Fifth Grades Mathematics Course”. International Journal of Curriculum and Instruction. Vol. 9 No. 1 Hal. 81-103, 2017.
Laurens, Theresia, dkk. 2017. “How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. September 2017.
Lestari, Laras, dkk. 2017. “The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research. Vol. 34 No. 1, pp 91-100, 2017.
Maizendra, R., & Armiati. (2018). Professional Competency-Based Mathematics Learning Devices In The Mechanical And Automotive Engineering Program High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 285, 339–342.
Murniati, LD, dkk. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”.Jurnal. Jilid 46, No. 2, hal. 114-124, Juli 2013.
Ninik. 2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Program Linier. Kadikma, Vol. 5, No. 3, hal 61-68, Desember 2014
Plomp, Tjreed dan Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research Part B: Illustrative Cases. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO.
Saleh, Muhamad, dkk. 2017. “The Enhacement of Problem Solving Ability Through Realistic Mathematics Education Approach”. International Journal of Education and Research. Vol. 5 No. 5, May 2017
Suryadi, Ace. 2010. Permasalahan dan Alternatif Kebijakan Peingkatan Relevansi Pendidikan.Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: UPI.
Veloo, Arsaythamby, dkk. 2015. “Attitude towards Physics and Additonal Mathematics Achievement towards Physics Achievement”. International Education Studies. Vol. 8 No. 3, February 2015.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLoS One, 13(9).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3289
Refbacks
- There are currently no refbacks.