ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Dian Mayasari(1*), Nova Lina Sari Habeahan(2),

(1) Universitas Musamus
(2) Universitas Musamus
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Subjek penelitian ialah 28 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Merauke. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes kemampuan siswa dalam memahami konsep dan wawancara yang tidak terstruktur. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep berupa soal uraian sebanyak 4 soal dengan materi operasi bilangan bulat pada soal cerita. Sumber  data  penelitian  ini  adalah  hasil  tes  dan  hasil  wawancara. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  pemahaman  konsep  matematis  siswa  dengan  kategori tingi  sebanyak  17%,  kategori  sedang  sebanyak  10%,  dan  kategori  rendah  sebanyak  73%.  Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kinerja siswa dari masing-masing kategori adalah sebagai berikut: (a) siswa pada kategori tinggi dapat mengerjakan 4 butir soal atau menguasai 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis; (b) siswa pada kategori sedang dapat mengerjakan 4 butir  soal  atau  menguasai  6  indikator  kemampuan  pemahaman  konsep  matematis;  dan  (c)  siswa pada  kategori  rendah  dapat  mengerjakan  4  butir  soal  atau  menguasai  4  indikator  kemampuan pemahaman konsep matematis. Melalui pemahaman konsep yang baik siswa dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah khususnya pada pelajaran matematika.

Kata kunci: Analisis; kemampuan; pemahaman konsep; soal cerita.

 

Abstract

This study aims to describe the ability of students to understand concepts in solving story problems. The research subjects were 28 grade VII students of SMP Negeri 8 Merauke. Data collection techniques were carried out in the form of tests of students' abilities in understanding concepts and unstructured interviews. The test used to measure the ability to understand the concept is in the form of description questions as many as 4 questions with integer operation material on the story problem. The data sources of this research are test results and interview results. The results of this study indicate that students' understanding of mathematical concepts with high category is 17%, medium category is 10%, and low category is 73%. The results of this study also indicate that the performance of students from each category is as follows: (a) students in the high category can work on 4 items or master 6 indicators of the ability to understand mathematical concepts; (b) students in the moderate category can work on 4 items or master 6 indicators of the ability to understand mathematical concepts; and (c) students in the low category can work on 4 items or master 4 indicators of the ability to understand mathematical concepts. Through a good understanding of concepts students can help students to improve problem solving skills, especially in mathematics lessons.

Keywords: Ability; analysis; mathematical understanding; word problem.


Keywords


Ability; Analysis; mathematical understanding; word problem

References


Agustina, Syaifudin, & Supriadi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Di Kelas XI. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 1–12.

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Azis. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study ). Prosiding Seminar Nasional Universitas Siliwangi, 562–569. Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Hakim, I. D., & Ramlah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, (22), 1015–1026.

Kilpatrick, J., Jane, S., & Findell, B. (2005). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. In N. R. C. Mathematics Learning Study Committee (Ed.), Social Sciences. Washington,DC: National Academy Press.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2816.43-56

MoE. (2015). The Management Of National Education In 2014/2015 At a Glance (Sudarwati, ed.). Jakarta: Center for Educational and Cultural Data and Statistics, MoEC, 2016.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics (The National Ciuncil of Teacher of Mathematics, ed.). United State of America.

Pagiling, S., Palobo, M., Munfarikhatin, A., Mayasari, D., & Taufik, A. (2019). Exploration of College Student’s Representations in Solve The Problem of Numeric Methods. 363(Icss), 134–136. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.212

Pande, N., Ayu, K., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project ( MMP ), Pemahaman Konsep Matematika , dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178–189. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317

Pangadongan, F. V. (2015). Konsepsi Siswa SMP Pada Materi Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar. Seminar Nasinal Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 1001–1008.

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495

Sulestry, A. I., & Meliyana, S. M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 212–220. https://doi.org/10.1042/BST0390378

Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.