PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERCIRIKAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Literasi matematis merupakan kemampuan individu dalam menggunakan dan menginterpretasikan matematika ke dalam berbagai situasi pada kehidupan sehari-hari. Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi matematis dilakukan dengan mengembangkan handout yang bercirikan kearifan lokal Malang Raya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan handout matematika bercirikan kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini antara lain lembar validasi untuk memperoleh penilaian kevalidan handout, lembar soal pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan handout, dan lembar angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan handout. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout matematika bercirikan kearifan lokal bersifat valid, efektif dan praktis dengan perolehan skor kevalidan media sebesar 4,34375 dari 5, skor kevalidan materi sebesar 4,60526 dari 5, skor keefektifan dengan kenaikan nilai sebesar 25,625, dan skor kepraktisan sebesar 4,3125 dari 5.
Kata kunci: Handout matematika; kearifan lokal; literasi matematis.
Abstract
Mathematical literacy is an individual's capacity to formulate, use and interpret mathematics in various situations in everyday life. In order to improve students' mathematical literacy skills, this was done by developing handouts that were characterized by local wisdom of Malang Raya. The aim of this research is to develop mathematics handouts characterized by local wisdom to improve mathematical literacy skills that are valid, practical, and effective. The type of research used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. The research subjects were students in X grade which amounted to 33 students. The research instruments used in this study included validation sheets to obtain an assessment of the validity of the handouts, pre-test and post-test question sheets to determine the effectiveness of the handouts, and student response questionnaires to determine the practicality of the handouts. The results showed that the development of mathematical handouts characterized by local wisdom was valid, effective and practical with the acquisition of a media validity score of 4.34375 out of 5, the material validity score of 4.60526 out of 5, the effectiveness score with an increase in value of 25.625, and a score of practicality of 4,3125 out of 5.
Keywords: Local wisdom; mathematics’ handout; mathematical literacy
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950
Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180.
As’ari, A. R. (2014). Berbagai Permasalahan Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013 dan Beberapa Upaya untuk Mencoba Mengatasinya. Seminar Nasional: Solusi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Mewujudkan Pembelajaran Yang Berkualitas.
Astrini, W., Amiuza, C. B., & Handajani, R. P. (2013). Semiotika Rupa Topeng Malangan. RUAS, 11(2), 89–98.
Avval, F. Z., Jarahi, L., Ghazvini, K., & Youssefi, M. (2013). Distribution of Handouts in Undergraduate Class to Create More Effective Educational Environment. International Journal of Education and Research, 1(12), 1–6.
Babys, U. (2016). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 43–49.
Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa Smp. MATHEdunesa, 9(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121–135. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.13359
Ismail, A. D., & Jamil, A. F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Realistik Bercirikan Budaya Indonesia. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp177-192
Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2020). A worksheet characterized by open-ended approach to support student’s mathematical literacy. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4).
Kastberg, D., Chan, J., Murray, G., & Gonzales, P. (2015). Performance of U.S. 15-Year-Old Students in Science, Reading, and Mathematics Literacy in an International Context. National Center for Education Statistics, 1–42.
Kaunang, D. F., Mantiri, J., & Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa SMP. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 223–230.
Khikmiyah, F., & Aisyiyah Rakhma D, P. (2019). Mathematics Literacy Mobile Learning Application: Pengembangan Bahan Ajar Literasi Matematika Berbasis Android. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 25(2). https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i2.881
Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Journal of Chemical Information and Modeling.
Maryanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2.
Ningtyas, R., Yunianta, T. N. hasti, & Wahyudi. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria, 4(3), 42–53.
OECD. (2015). PISA 2015 Results in Focus. Oecd.
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). PKM Inovasi Pembelajaran Matematika SD/MI Melalui Permainan Ular Tangga. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Setiawan, & Dores, O. J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.511
Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D., Rahardjo, S., Kudus, U. M., Kudus, U. M., & Kudus, U. M. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal EduMa, 5(2), 34–41.
Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Kudus pada Siswa Slow Learner. EduMa, 7(1), 63–70.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3260
Refbacks
- There are currently no refbacks.