IMPLEMENTASI MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan di SMP Karya Bhakti Panaragan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih terbilang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan subjek pada penelitian ini adalah menggunakan teknik acak kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 kelas VII berjumlah 30 peserta didik . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan Dokumentasi. Tes dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak 8 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Teknik Uji prasyarat adalah normalitas, homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji anava satu arah dan uji scheffe. Hasil penelitian ini adalah uji anava satu jalan menghasilkan nilai sig.<0,05 yang artinya H0 ditolak menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan strategi Lightening The Learning Climate terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis; lightening the learning climate; means-ends analysis (MEA)
Abstract
This research was motivated by observations at SMP Karya Bhakti Panaragan showing that students' mathematical problem solving abilities were still relatively low. The purpose of this research was to determine whether there is an effect of the Means-Ends Analysis (MEA) learning model with the Lightening the Learning Climate learning strategy on the mathematical problem solving abilities of seventh grade students of SMP Karya Bhakti Panaragan. The method used in this research is quantitative methods. Taking the subject in this study was using a randomized class technique. The subjects used in this study were 3 class VII totaled 30 students. Data collection techniques used in this study were tests and documentation. The test in this study was to measure students' mathematical problem solving abilities using a test in the form of a description of 8 questions. The data analysis techniques used were validity, level of difficulty, distinguishing power, and reliability. The prerequisite test techniques are normality, homogeneity. Hypothesis testing using one-way ANOVA test and Scheffe test. The results of this reseach indicate that One-way ANOVA test produces sig. <0.05, which means that H0 is rejected there is an effect of the use of the Means-Ends Analysis (MEA) learning model with the Lightening the Learning Climate strategy on students' mathematical problem solving abilities.
Keywords: Lightening the learning climate; mathematical problem solving ability; means-ends analysis (MEA)
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amorie, J. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate. Jurnal E-DuMath, 1(1), 73.
Asih, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.
Hartini, T. I., & Lianti, M. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(1), 20.
Harto, T. K., Agung, A. A., & Wibawa, C. (2014). Pengaruh model pembelajaran means-ends analysis (MEA) dengan setting belajar kelompok berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Desa Bebetin. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1.
Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano, 5(2), 109.
Mulasari, M. rika, Wulandari, I. G. A. A., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil BelajarMatematika Siswa SD. Jurna Padegogik Dan Pendidikan, 3(3), 1.
Natsir, N., Kadir, K., & Samparadja, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik Problem posing. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5766
Nengsih, L. wahyu, Susiswo, & Cholis sa’dijah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar d engan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan, 4(2), 143–148.
Nurhadi, M. (2017). Pengaruh Means-Ends Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jurnal JPPM , 10(1) , 90
Rachmawati, A. D., Baiduri, & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Aksioma, 9(3), 541.
Sahrudin, A. (2016). Implementasi Model Pembelajran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1).
Sari, Y. P., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Means Ends Analysis. Jurnal Math-UMB.EDU. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i2.780
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, 5(2), 151.
Untung. (2017). Penerapan Strategi Pembelajan Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Siswa Kelas V SDN 06 Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 195.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3245
Refbacks
- There are currently no refbacks.