Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ)

Komarudin Komarudin(1*), Yulia Monica(2), Achi Rinaldi(3), Novia Dwi Rahmawati(4), Mutia Mutia(5),

(1) (Scopus ID: 57208301453) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) (Scopus ID: 57209826173) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(4) Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang
(5) Institut Agama Islam Negeri Curup
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket untuk mengukur skor AQ. Angket yang digunakan adalah Adversity Response Profile (ARP). Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan (Two Way Analysis Of Variance) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, tidak terdapat pengaruh tipe AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

References


Aini, A. B. N., & Sri Sutarni, M. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dan Adversity Quotient Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius Melalui Pembelajaran Open Ended. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Akbar, S., Kodirun, K., & Busnawir, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 117–128.

Andriani, L., & Revita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 125–132.

Angraini, C. D., Komarudin, K., & Istihana, I. (2019). Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 65–75.

Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018). Student’s creative thinking skill and belief in mathematics in setting challenge based learning viewed by adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61–70.

Arfan, S., Abdullah, I. H., & Bani, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Garis dan Sudut. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2).

Bahar, R., Anggo, M., & Arapu, L. A. L. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 127–140.

Baigar, S. (2018). Adversity Quotient bagi Anak-Anak Sejak Dini. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 7(1), 85–106. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.45

Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 78–86.

Darman, Y. F. (2018). Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Matematika Kemampuan Berpikir Divergen Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.

Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373–380. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3108

Darojat, L., & Kartono, K. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ Dengan Learning Cycle 7E. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 1–8.

Dewi, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Esteem Siswa Madrasah Aliyah Daar Al Uluum Kisaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/t3xvy

Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 123–128. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.302

Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1), 101–112.

Fadhila, S., Mudjiran, M., & Gistituati, N. (2019). The Contribution of Adversity Quotient to Learning Outcomes of Students in Middle School and the Counseling Services Implication. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 65–70.

Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 065–080.

Fatimah, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma Negeri 2 Bireuen Pada Materi Kalor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Problem (Masalah Terbuka). Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(2).

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 239–247.

Hamdani, A. S. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Masalah Terbuka (Open Ended Problem). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3). http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v7i3.257

Harjono, R., & Rachman, A. (2018). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Keroncong di SMP Negeri 1 Karangmoncol. Jurnal Seni Musik, 7(1), 34–47.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35–49.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Open-Ended. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 201–212. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2116

Irawan, A., & Surya, E. (2017). Application of the Open ended Approach to Mathematics Learning in the Sub-subject of Rectangular. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 270–279.

Karyanti, K., & Komarudin, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 4 Pesawaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 89–94.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.

Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 169–175. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501

Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko, P. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 81–95.

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399–410.

Lusiyana, A., Rohim, S., & Rohman, F. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Perangkat Lunak Modellus. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 65–74.

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(02), 123–132.

Munjayanah, R. (2016). Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Pada Pembelajaran Treffinger Ditinjau Dari Adversity Quotient Siswa. Universitas Negeri Semarang.

Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46–62.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2).

Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 40–45.

Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263–272.

Palah, S., Maulana, M., & Aeni, A. N. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berstrategi M-Rte Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Persegi Panjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1161–1170. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11265

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 894–900.

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323–332. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Journal on Education, 1(2), 271–278.

Rahman, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dan Problem Based Learning Pada Siswa Smp Negeri 1 Hinai. Unimed.

Rohmah, S., & Rinaldi, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis: Dampak Kecerdasan Emosional Pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 199–210.

Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1, 103–111.

Sari, I. P., & Yunarti, T. (2015). Open-ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Septi, D. V., Khusnunisa, M., & Afrilianto, M. (2019). Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa. Journal on Education, 1(3), 498–506.

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Setyaningsih, R. (2018). Proses Metakognisi Mahasiswa Dengan Tipe Adversity Quotient (Aq) Quitters Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Satya Widya, 34(2), 112–124. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2018.V34.I2.P112-124

Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908

Solehuzain, S., & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111.

Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Tingkat Berfikir Kreatif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 34–39.

Suciawati, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pangkat Dua Dengan Model Pembelajaran Open-Ended. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 4(2), 153–162.

Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 136–146.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

US, S. U. S. (2015). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wahyudi, E. E., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2018). Pembelajaran Optika Geometri Melalui Problem Based Learning (Pbl) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X Tahun 2014/2015. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 49–60. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17842

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 42–57.

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Zahro, K., & ISMAIL. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Gaya Belajar Sensing dan Intuition. MATHEdunesa, 8(2). Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/28059

Zaimah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIIIG MTS Negeri 2 Mojokerto. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 9–21.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.