PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE

Indah Riezky Pratiwi(1*), Parulian Silalahi(2),

(1) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(2) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya ketersediaan media pembelajaran Matematika yang interaktif menjadi salah satu penyebab rendahkan prestasi mahasiswa dalam bidang Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan media pembelajaran dengan model Blended Learning berbasis MOODLE yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ICCEE (Identification, Choose, Create, Engagement, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini ada 55 orang mahasiswa Teknik Mesin di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket uji coba kepraktisanan media. Hasil penilaian dari 2 orang validator, menyatakan bahwa media valid dan siap diujicobakan. Berdasarkan uji coba kelompok kecil yang dilakukan terhadap 13 mahasiswa , diperoleh rata-rata skor 78,20 , sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan terhadap 55 mahasiswa memperoleh hasil 78,89. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tergolong praktis. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Matematika model Blended Learning berbasis MOODLE tergolong valid dan praktis. Dengan demikian media pembelajaran Matematika model Blended Learning berbasis MOODLE siap digunakan untuk penerapan pembelajaran Matematika di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Kata kunci: Blended Learning; Media; Pembelajaran Matematika; praktis

Abstract

The low availability of interactive Mathematics learning media is one of the reasons for the lowering of student achievement in the field of Mathematics. This study aims to produce learning media with a MOODLE-based Blended Learning model that meets valid and practical criteria. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the ICCEE model (Identification, Choose, Create, Engagement, Evaluation). The subjects in this study were 55 Mechanical Engineering students at the Bangka Belitung State Manufacturing Polytechnic. Data collection techniques used in this study were expert validation sheets and media practicality trial questionnaires. The results of the assessment of 2 validators stated that the media was valid and ready to be tested. Based on small group trials conducted on 13 students, an average score of 78.20 was obtained, while large group trials conducted on 55 students obtained a result of 78.89. This concludes that the learning media developed are practical. Based on the data obtained, it can be concluded that the learning media of the MOODLE-based Blended Learning model of Mathematics are classified as valid and practical. Thus, the learning media of the MOODLE-based Blended Learning model of mathematics are ready to be used for the application of Mathematics learning at the Bangka Belitung State Manufacturing Polytechnic.

Keywords: Blended Learning; Mathematics Learning Media; practical; valid


Keywords


Blended Learning; Mathematics Learning Media; suitable; valid

References


Abar, C. A. A. P., & Carnevale de Moraes, U. (2019). Flipped Classrooms and MOODLE: Digital Technologies to Support Teaching and Learning Mathematics. Acta Didactica Napocensia, 12(2), 209–216.https://doi.org/10.24193/adn.12.2.16

Bryan, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended Learning: Definition, Models, Implications for Higher Education. Bulletin of the South Ural State University Series “Education. Education Sciences,” 8(2), 24–30. https://doi.org/10.14529/ped160204

Chen, L.-L. (2016). A Model for Effective Online Instructional Design. Literacy Information and Computer Education Journal, 7(2). https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2016.0304

Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms MOODLE Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. JURNAl RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, 15(1), 14.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1), 11–26.

Hendri. (2017). Pemanfaatan Elearning Dengan Aplikasi Web 2.0 Sebagai Sarana Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(2), 150–156.

Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.

Mardia, A., & Sundara, V. Y. (2020). Pengembangan Modul Program Linier Berbasis Pembelajaran Mandiri. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 9-18.

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Sahni, J. (2019). Does Blended Learning Enhance Student Engagement? Evidence from Higher Education. Journal of E-Learning and Higher Education, 2019, 1–14. https://doi.org/10.5171/2019.121518

Wahyuaji, N. R., & Taram, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) MOODLE pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6(May), 189–194. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/407

Widyasari Nurbaiti, P. E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Number Bonds Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 276–286.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.581




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.