EFEK POTENSIAL LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA MENGGUNAKAN KONTEKS MAKANAN TRADISIONAL TIMOR PADA MATERI PERBANDINGAN

Yohanis Ndapa Deda(1*), Talisadika Maifa(2),

(1) Universitas Timor
(2) Universitas Timor
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS matematika SMP yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini penting karena belum pernah ada yang mengembangkan bahan ajar menggunakan kearifan lokal seperti makanan tradisional di Pulau Timor. Makanan Tradisional yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Jagung Bose, Jagung Katemak, Ut Kono, dan Laku Tobe yang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat perbatasan Indonesia-Timor Leste di Pulau Timor. Riset ini ialah riset pengembangan dengan menggunkan model penilaian formatif Tessmer yang terdiri dari 2 sesi pengembangan, yakni sesi analisis pendahuluan serta sesi penilaian formatif. Subjek riset ini merupakan siswa kelas 9 SMPN Taloeb di kawasan perbatasan tahun 2020. Metode pengumpulan informasi yang digunakan meliputi uji hasil belajar, observasi, serta wawancara. Pengembangan lembar kerja siswa memakai konteks kearifan lokal masakan tradisional Timor sudah divalidasi oleh para ahli dengan hasil evaluasi dari pakar materi, pakar media serta pakar bahasa. Validasi oleh para pakar, LKS matematika ini termasuk dalam kategori valid dengan skor rerata 3.97 dan hasil ujicoba telah menunjukkan bahwa LKS tersebut memenuhi kriteria praktis dan memiliki efek potensial untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP hal ini dapat dilihat dari 76.47% siswa telah mencapai kriteria minimal mata pelajaran matematika tingkat SMP.  LKS yang dikembangkan juga efektif karena hasil tes belajar tersebut meningkat dari 41.27%  pada pretest menjadi 76.47% pada posttest.

 

Kata kunci: Efek Potensial;LKS; Makanan Tradisional

 

Abstract

The purpose of this study was to develop valid, practical and effective junior high school mathematics worksheets. This research is important because no one has ever developed teaching materials using local wisdom such as traditional food on the Pulau Timor. The traditional foods referred to in this study are Jagung Bose, jagung Katemak, Ut Kono, and Laku Tobe which have become daily food of the Indonesian-Timor Leste border community on Pulau Timor. This research is development research using the Tessmer formative evaluation model are consists of two stages of development, namely the introduction analysis stage and the formative evaluation stage. Data collection techniques used include study results tests Learning outcomes, observations, and interviews. The subject of this study is the 9th graders of Taloeb Junior High School in the border area in 2020. Data collection techniques used include study results tests, observations, and interviews. The development of student worksheets using the context of local wisdom of traditional Timorese food has been validated by experts with assessment results from material experts, media experts and language experts. validation by experts, This math student worksheet belongs to a valid category with an average score of 3.97 and the test results have shown that the student worksheet meets practical criteria and  effective criteria. of improving the math learning results of junior high school students. it can be seen from 76.47% of students who have achieved the minimum criteria for junior high school mathematics. The worksheets developed was also effective because the learning test results increased from 41.27% in the pretest to 76.47% in the posttest.

 

Keywords: Potential Effects;Student Worksheets;Traditional Foods


Keywords


Efek Potensial;LKS; Makanan Tradisional

References


Ahyan, S., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2014). Developing mathematics problems based on Pisa level of change and relationships content. Journal on Mathematics Education, 5(1), 47–56. https://doi.org/10.22342/jme.5.1.1448.47-56

Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2020a). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana Strengthening of Character Education in Mathematics Learning Using Insana Motif of Woven Fabric 1). JPPM, 4(1), 25–30.

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2020b). The Development of Ethnomathematics Teaching Materials Using Ume Kbubu Context on Students of Mathematics Education Department. International Journal of Trends in …, 3(2), 96–100.

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2018). Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP. Bakti Cendana, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.32938/bc.v1i1.17

Arisetyawan, A. (2019). Pentingnya Pembelajaran Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dan Bagaimana Mendisain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Basicedu, 3(2), 621–626. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.47

Choirudin, C., Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Sari, I. R., & Amalia, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pada Situs Purbakala Pugung Raharjo. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3755

Dazrullisa. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat Belajar Siswa. Genta Mulia, 9(2), 141–149.

Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. 8.

Deda, Y. N., & Maifa, T. (2021). Development of Student Worksheets Using the Context of Local Wisdom on Integers and Fractions. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.12824.71-82

Deda, Y. N., Ratu, A. H., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs BERDASARKAN PERSPEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp1-6

Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2019). Buku Ajar Etnomatematika Kawasan Perbatasan NKRI-Timor Leste. Deepublish.

Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Etnomatematika Menggunakan Konteks Motif Kain Tenun Timor. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2), 20–26.

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019a). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019b). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395–412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.30738/.v6i1.1560

Muslimahayati, M. (2020). Pengembangan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2459

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun Ajaran 2018/2019 (hlm. 1).

Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 85–91. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p85-91

Setyaningsih, N., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2019). Developing Realistic and Child-friendly Learning Model for Teaching Mathematics. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 79–88. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i2.8112

Usnul, U., Johar, R., & Sofyan, H. (2019). Potential Effect of PISA Equivalent Questions Using the Context of Aceh Traditional Houses. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 89–100. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i2.8362

Wahyuni, R., Efuansyah, E., & Sukasno, S. (2020). Developing Student Worksheet Based on Missouri Mathematics Project Model By Using Think-Talk-Write Strategy of Class Viii. Infinity Journal, 9(1), 81. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p81-92

Zulfah, Z. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Soal Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.27




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.