PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERWAWASAN AL-QUR’AN DAN BUDAYA MINANGKABAU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X

Rozi Fitriza(1*), Mezi Szah Putra(2), Duski Samad(3),

(1) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
(2) UIN Imam Bonjol Padang
(3) UIN Imam Bonjol Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


Pemerintah provinsi Sumatera Barat mencanangkan program integrasi pendidikan al-Quran dan budaya alam Minangkabau pada setiap mata pelajaran di tingkat SMA/SMK. Untuk itu diperlukan pedoman pengintegrasian yang bersifat implementatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berwawasan al-Qur’an dan budaya Minangkabau yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk peserta didik kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. LKPD hasil pengembangan diujikan terhadap satu kelompok peserta didik dan pendidik kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa: pedoman wawancara dengan peserta didik dan pendidik (pada tahap define dan develop), lembar analisis konsep/tugas, lembar validasi, lembar observasi, dan angket respon peserta didik dan pendidik. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah: reduksi/kodifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif berupa tingkat validitas dan praktikalitas, disajikan dalam bentuk persentase dan kategori. Penelitian ini menghasilkan LKPD materi sistem persamaan linier tiga variabel berwawasan al-Qur’an dan budaya Minangkabau. Permasalahan dan soal-soal disajikan menggunakan konteks budayaMinangkabau. Ayat-ayat al-Qur’an pada setiap LKPD terkait dengan materi yang dibahas. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan persentase kevalidan 84,27%. Respon peserta didik menunjukkan produk LKPD ini sangat praktis dengan persentase 89,03%. Sedangkan pendidik menilai LKPD ini praktis dengan persentase 80,2%. Jadi LKPD materi sistem persamaan linier tiga variabel berwawasan al-Qur’an dan budaya Minangkabau dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X.

The West Sumatra government implements the integration of Al-Quran education and Minangkabau natural culture in every subject at the SMA / SMK level. For this reason, an implementative integration guideline is needed.This study aims to develop and to create math teaching student worksheets that make use of concepts that come from the Al-Qur’an and Minangkabau culture. The worksheets fulfill valid and practical criteria for grade X students. This study applies research and development methods. The development model used is a 4-D model which consists of the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The developed LKPD was tested on  a group of class X students and educators at SMAN 2 Padang Panjang. The research instruments used were: interview guides with students and educators (at the define and develop stage), concept/task analysis sheets, validation sheets, observation sheets, and student and educator response questionnaires. Qualitative data were analyzed by reducing/codifying data, presenting data, and drawing conclusions. Quantitative data in the form of validity and practicality made percentages and categorization. This research produces LKPD with the insight of the Al-Qur’an and Minangkabau culture for the material of the system of linear equations three variables. The problems and questions presented are using the Minangkabau cultural context. The verses of the Al-Qur’an that are presented are related to the material being discussed. The results of expert validation show that the developed LKPD is very valid with a validity percentage of 84.27%. The response of students showed that the product produced was very practical with a percentage of 89.03%, while the educators considered that this LKPD was practical with a percentage of 80.2%. So LKPD with the insight of the Al-Qur’an and Minangkabau culture is valid and practically used in class X mathematics learning in the material of the system of linear equations three variables.

 


Keywords


Al-Qur’an; budaya Minangkabau; LKPD; matematika; R&D; student worksheet

References


Abiam, P. O., Abonyi, O. S., Ugama, J. O., & Okafor, G. (2016). Effects of Ethnomathematics-based Instructional Approach on Primary School Pupils ’ Achievement in Geometry. Journal of Scientific Research&Reports, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.9734/JSRR/2016/19079

Al-Faqih, K. M. S. (2017). A Mathematical Phenomenon in the Quran of Earth-Shattering Proportions: A Quranic Theory Based On Gematria Determining Quran Primary Statistics (Words, Verses, Chapters) and Revealing Its Fascinating Connection with the Golden Ratio. Journal of Arts and Humanities, 6(6), 52–73. https://doi.org/10.18533/journal.v6i6.1192

D’Entremont, Y. (2015). Linking mathematics , culture and community. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(1999), 2818–2824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.973

Fitriza, R., & Gunawan, I. (2018). Tabuik dalam Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ( PMR ). 2(1), 13–22.

Hamdi, S., & Ermawati, S. (2018). Implementasi Penilaian Autentik: Model Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Matematika Dengan Pendekatan CTL Berbasis Budaya Islam. Educatio, 13(2), 110–121. https://doi.org/10.29408/edc.v13i2.1054

Harahap, A. (2018). Integrasi Alquran Dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah Di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Alquran. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21–46.

Hussain, L. K. ., & Ramli, A. F. (2017). Contributions of Islamic civilization to the mathematics development. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 199–208.

Idris, K. (2019). Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman : Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI. Prosiding Seminar Nasional IItegrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 357–362.

Istiqlal, M., & Jumadi, J. (2017). Strengthening Islamic character through Mathematics learning. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 188–207. https://doi.org/10.18326/mdr.v9i2.188-207

Junaidi, Susilawati, N., Fernandes, R., Sylvia, I., & Putra, E. V. (2020). Integration of Al-Quran Education and Minangkabau Culture on Subjects in Formal Schooling. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 405(Iclles 2019), 139–144. https://doi.org/10.2991/ assehr.k.200217.029

Muslimahayati. (2020). Pengembangan Soal kemampuan berfikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan pada Materi Trogonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 12–20.

Mutijah. (2018). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–75.

Nu’man, M. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Alquran. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.205

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktis. Prenadamedia group.

Ricardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Nusantara. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–98.

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula (9th ed.). Alfabeta.

Rizka, S., & Mastur, Z. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 72–78.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics Etnomatemática : os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemaatica, 4(2), 32–54.

Sarmalena, G., & Susanti, R. (2017). Pedoman Pengintegrasian Pendidikan Al Qur’an dan Budaya Alam Minangkabau pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas (SMA) (p. 161). Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Setiawan, A., & Thahir, M. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Berintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Sikap Religiusitas Siswa. The Dynamics of Malay Islamic World in Responding to Contemporary Global Issues, 155.

Setiawati, R., Netriwati, & Nasution, P. S. (2018). Desain Model Pembelajaran Gerlach dan Ely yang Berciri Nilai-nilai Ke-Islaman untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 371–379.

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.