PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
(1) 
(2) STKIP PGRI Lubuklinggau
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS) yang dapat memfasilitasi siswa dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tingginya. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan. Proses pengembangan LKPD diadaptasi dari model pengembangan 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis awal-akhir siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format. Tahap pengembangan terdiri dari uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Tahap penyebaran ini dilakukan dengan membagikan LKPD berbasis HOTS ke sekolah lain, selanjutnya siswa diminta untuk mengisi lembar angket respon terhadap LKPD yang dibagikan. Berdasarkan hasil penilaian validasi diperoleh skor rata-rata, yaitu aspek materi sebesar 3,73 dengan kategori valid, aspek konstruksi/media sebesar 4,28 dengan kategori sangat valid dan aspek bahasa sebesar 4,06 dengan kategori valid. Hasil penilaian kepraktisan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 4,15 dengan kategori praktis dan kepraktisan guru sebesar 3,60 dengan kategori praktis. Selanjutnya, hasil penilaian keefektifan melalui tes HOTS menunjukkan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 86,7% dan respon siswa menunjukkan respon positif terhadap LKPD. Hasil penilaian tes menunjukkan rata-rata pretes diperoleh 30,76, sedangkan postes diperoleh 74,09. Artinya, terdapat peningkatan rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi dari pretes ke postes dalam ujicoba lapangan.
Abstract
The purpose of this study was to develop worksheets based on higher order thinking skills that facilitate students in practicing their higher order thinking skills. The research method used is research and development. The worksheet development process is adapted from the 4-D model which consists of define, design, develop, and disseminate. The defining stage includes preliminary-final analysis, task analysis, concept analysis and goal specification. The design stage consists of composing tests, selecting media, and selecting formats. The development stage consists of testing the validity, practicality and effectiveness. The dissemination stage was carried out by distributing worksheets based on higher order thinking skills to other schools, then students were asked to fill out a questionnaire response to the worksheets that were distributed. Based on the results of the validation assessment, an average score was obtained, namely the material aspect was 3,73 with the valid category, the construction / media aspect was 4,28 with the very valid category and the language aspect was 4,06 with the valid category. The results of the student practicality assessment obtained an average score of 4,15 with the practical category and the teacher's practicality of 3,60 with the practical category. Furthermore, the results of the effectiveness assessment through the higher order thinking skill test showed a classical completeness percentage of 86,7% and student responses showed a positive response to the worksheet. The results of the test assessment showed that the pretest average was 30,76, while the post-test was 74,09. That is, there is an increase in the average value of higher order thinking skills from pretest to posttest in field trials.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197.
Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213–225. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897
Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students. Journal of Physics: Conference Series, 812, 1–7.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorieantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan KEMDIKBUD.
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.
Dewi, T. N. C., & Susilowibowo, J. (2016). Pengembangan LKS dalam Rangka Menunjang Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan, 4(3), 1–6.
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250–264.
Ernawati, & Sutiarso, S. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Kategori Higher Order Thinking Skills Menurut Tahapan Polya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 178–195.
Faiqoh, A. N., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Higher Order Thinking Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 103–106.
Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) di Sekolah Dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–8.
Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57–64.
Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: UNESA.
Khotimah, R. P., & Sari, M. C. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Konteks Lingkungan. Jurnal Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 761–775.
Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan KonteksPedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376.
Kusaeri, Sadieda, L. U., Indayati, T., & Faizien, M. I. (2018). Developing an Assessment Instrument of Higher Order Thinking Skills in Mathematics with in Islamic Context. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012151
López, J., & Whittington, M. S. (2001). Higher-Order Thinking In a College Course: A Case Study. Annual NACTA Conference, 22–29.
Manalu, A. C. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112.
Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886–897.
Megawati, Wardani, A. K., & Hartatiana. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal Of Science and Mathematics Education, 02(2), 168–176.
Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60.
Prasetyo, W. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP N 2 Kepohbaru Bojonegoro. Jurnal MATHEdunesa, 1(1), 1–7.
Prastowo, W. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwasi, L. A. (2019). The Development Of Higher-Order Thinking Skills On Junior High School Students Through Guided Inquiry-Based Learning Approach. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 311–322.
Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students : A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 4, 48–60.
Retnoasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains (JPPMS), 2(2), 48–53.
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448.
Supadma, I. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas HOT Pada Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 106–115.
Tonra, W. S., Budiarto, M. T., Masriyah, & Tonra, W. S. (2019). Profile of High Order Thingking Skill ( HOTS ) of Junior High School Students ’ Grade 8 in Solving Linear Equation System Problems Based on Kinesthetic and Visual Learning Styles. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 212–214.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.
Utari, T., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berorientasi Scientific Approach Untuk Menumbuhkan Kemampuan Higher Order Thinking (HOT) Pokok Bahasan Persamaan Lingkaran Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Kadikma, 8(2), 13–23.
Widana, I. W., Parwata, I. M. Y., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32.
Wulandari, T. N., & Susanti. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Semester I di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 347–252.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37–46.
Zulkardi, Z., & Putri, R. I. I. (2020). Supporting Mathematics Teachers to Develop Jumping Task Using PISA Framework (JUMPISA). Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Refbacks
- There are currently no refbacks.