PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EDUCATIONAL STATISTICS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Dwi Astuti, Anggit Prabowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar educational statistics untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development tipe 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, kuesioner kemandirian belajar, dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 98 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan yang sedang menempuh mata kuliah educational statistics. Berdasarkan hasil pengembangan diketahui bahwa bahan ajar educational statistics memenuhi kriteria valid, dan penggunaan bahan ajar tersebut efektif ditinjau dari kemandirian belajar dan hasil belajar mahasiswa. Tetapi penggunaan bahan ajar educational statistics ini tidak lebih efektif jika dibandingkan dengan penggunaan bahan ajar lain
 

This study aims to develop an educational statistics module to increase learning independence and student learning outcomes. This study used research and development type 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). The instruments used in this study were expert validation sheets, independent learning questionnaires, and learning outcomes tests. The subjects in this study were 98 students of the Ahmad Dahlan University English Education Study Program who are currently taking educational statistics courses. Based on the development results, it is known that the educational statistics module meets valid criteria, and the use of the module is effective in terms of learning independence and student learning outcomes.


Keywords


educational statistics; hasil belajar; kemandirian belajar; learning independence; learning outcome

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2, 62—65.

Astuti, D. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar educational statistics berbasis cooperative learning. Fibonacci, 5(2), 183–188.

Azka, R., & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Untuk Mencapai Ketuntasan Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7152

Azwar, S. (2013). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Cole, P. G., & Chan, L. (1994). Teaching Principle and Practice. Canberra: Prentice.

Day, S. L., & Connor, C. S. C. (2012). Examining the relations between self-regulation and academic achievement in third grade students. 3551128, 80.

de Bruin, A. B. H., Thiede, K. W., Camp, G., & Redford, J. (2011). Generating keywords improves metacomprehension and self-regulation in elementary and middle school children. Journal of Experimental Child Psychology, 109(3), 294–310. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0022096511000373

Gafoor, A., & Kurukkan, A. (2015). Why High School Students Feel Mathematics Difficult? An Exploration of Affective Beliefs. In Online Submission.

Harris, K. R., Friedlander, B. D., Saddler, B., Frizzelle, R., & Graham, S. (2005). Selfmonitoring of attention versus self-monitoring of academic performance: Effects among students with ADHD in the general education classroom. Journal of Special Education, 39(3), 145–156.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2008). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal On Education, 01(02), 515–523.

Järvelä, S., & Järvenoja, H. (2011). Socially constructed self-regulated learning and motivation regulation in collaborative learning groups. Teachers College Record, 113(2), 350–374.

Krisdiana, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Matakuliah Statistika Dasar Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 61. https://doi.org/10.25273/jems.v4i1.220

Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan bahan ajar statistika dan peluang berbasis multiple intelligences berorientasi pada prestasi, pemecahan masalah, dan rasa ingin tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083

Marchis, I. (2011). How Mathematics Teachers Develop Their Pupils’ Self -Regulated Learning Skills. Acta Didactica Napocensia, 4(2).

Merona, S. P. (2019). Penggunaan Modul Statitistika Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1).

Mulyani, L., Hidayat, A., & Lisnawati, C. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. JP2EA (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi), 1, 22–32.

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4854

Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762

Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan E-Book Ipa Terpadu Tema Suhu Dan Pengukuran Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. USEJ -Unnes Science Education Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/ usej.v3i3.4267

Rembulan, A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84–98.

Tian, B. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Timmons, K., Pelletier, J., & Corter, C. (2016). Understanding children’s self-regulation within different classroom contexts. Journal Early Child Development and Care, 186(2), 249–267.

Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–144.

Wolters, C. A. (2011). Regulation of Motivation: Contextual and Social Aspects. Teachers College Record, 113(2), 265–283.

Zimmerman, B. (2008). Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background, Methodological Developments, and Future Prospects. American Educational Research, 45(1), 166–183. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/0002831207312909

Zumbrunn, S. (2011). Encourage self regulated learning in the classroom. Journal Virginia Commonwealth University, 278–299. Retrieved from http://scholarscompass.vcu.edu/merc_pubs/18




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: