MELEJITKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN PRESTASI SISWA MELAUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Muhyani Nasukha, Muhyani Muhyani, Iis Durotun Nafisah, Sutisna Sutisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan jiwa kewirausahaan dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran matematika berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian adalah quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas 3 di MI Mathlaul Anwar tahun Pelajaran 2019-2020. Instrument penelitian berupa tabel observasi dan tes yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Pada kelas eksperimen kegiatan pembelajaran matematika berbasis HOTS, sedang pada kelas kontrol kegiatan pembelajaran matematika konvensional. Hasil analisis uji Independent Samples T-Test pada nilai posttest jiwa kewirausahaan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya peningkatan jiwa kewirausahaan siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika berbasis HOTS bahkan peningkatannya lebih dari 200%.  Demikian juga prestasi belajar siswa melaui uji Independent Samples T-Test pada nilai posttest  kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya  peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika berbasis HOTS. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) mampu melejitkan jiwa kewirausahaan dan prestasi belajar siswa.


Abstract

This study aims to determine the increase in entrepreneurial spirit and student achievement through HOTS-based mathematics learning. This research is a quantitative research design with a quasi experimental design type nonequivalent control group design. The research subjects were 34 grade 3 students at MI Mathlaul Anwar for the 2019-2020 academic year. Research instruments in the form of observation tables and tests given before and after learning activities. In the experimental class HOTS-based mathematics learning activities, while in the control class conventional mathematics learning activities. The results of the analysis of the Independent Samples T-Test on the posttest scores of the entrepreneurial spirit of the experimental group with the control group showed an increase in the entrepreneurial spirit of students using HOTS-based mathematics learning even the increase was more than 200%. Likewise, student learning achievement through the Independent Samples T-Test on the posttest scores of the experimental group with the control group showed an increase in student achievement using HOTS-based mathematics learning. Based on data analysis, it can be concluded that Mathematics learning based on Higher Order Thingking Skills (HOTS) is able to boost entrepreneurial spirit and student learning achievement.

 


Keywords


Higher Order Thinking Skills (HOTS); Jiwa Kewirausahaan; Matematika; Prestasi Belajar; entrepreneurship; learning achievement

References


Annisah, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa PGMI IAIN Metro. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2491

Aprilia, R., & Royanto, L. R. (2020). Doesn metacognition matter in the relationship between mathematics interest and mathematics anxiety? Ilkogretim Online-Elementary Education Online, 19(4), 2396–2406. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.764414

Arifuddin, A. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 46–55. Retrieved from http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/6212

Azqia, E. A., Muhyani, & Yono. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Dan Karakter Mandiri Siswa Kelas 3 DI SD IT AL-MADINAH. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 34 – 40. https://doi.org/DOI:10.20527/edumat .v7i1.6095

Darhim, Prabawanto, S., & Susilo, B. E. (2020). The Effect of Problem-based Learning and Mathematical Problem Posing in Improving Student’s Critical Thinking Skills. Imternational Journal of Intruction, 13(4), 104–116. https://doi.org/. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1347a

Fanani, A., & Kusmaharti. (2014). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.091.01

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto, S. (2017). Four- Tier Diagnostic Test to Identify Misconceptions in Geometrical Optics. Unnes Science Education Journal, 6(3), 8–17.

Gronmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. S. (2016). TIMMS 2015 Mathematics Framework. TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Hadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Interaktif dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill pada Siswa Kelas IX MIPA 6 SMA Negeri 16 Makasar. EQUAL Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61. Retrieved from ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/...

Haji, S., Abdullah, Ilham, M., & Yumiati. (2017). Mengembangkan Jiwa KewirausahaMahasiswa Melalui Pembelajaran Luar Kelas. Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu, 1(1), 207–212.

Hasyim, Maylita; Kusuma, F. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCIJurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, (1), 55–64.

Hidayah, N. (2016). Menggagas Pendidikan Berwawasan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Islam: Studi Kasus Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam Iain “SMH” Banten 2014-2015. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Islam, 7(1), 77–112.

Hidayati, A. U., & Retnawati, H. (2018). Keefektifan Pendekatan PBL Dan Pendekatan Saintifik Ditinjau dari HOTS dan Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 70–82.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miaesyah, M. (2019). Enviromental Learning Based on Higher Order Thinking Skills: A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21-24h. https://doi.org/http://doi.org/10.28103/ijevs.v1i1.1389

Juwaeriah, S., Muhyani, & Ikhtiono, G. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 78–79.

Khotimah, R. P., & Sari, M. C. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higther Order Thingking Skills (HOTS) Menggunakan Konteks Lingkungan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 761–775. https://doi.org/http;//doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140

Kurniati, D., Harimukt, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Makarao, M. T., & Zoelva, H. (2018). Syarikat Islam Dalam Integritas Dunia Pendidikan Dan Kewirausahaan Bagi Kemandirian Umat. Veiritas Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Univesitas As-Syafiiyah, 4(2), 35–57. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.34005/veritas.v4i2.412

Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi Di Indonesia. Economica, 3(2), 124–136. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v3.i2.249

Megawati, M., Wardani, A. K., & Hartatiana, H. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24

Muhyani. (2012). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah terhadap Kesadaran Beragama dan Kesehatan Mental. (N. Hidayat, Ed.). Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama RI.

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian. UIKA Press.

Muhyani, & Dahlia, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Terhadap Kemandirian Dan Kerja Keras Siswa. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(1), 1–16.

OECD. (2019). PISA 2018 Results. OECD Publishing.

Puspendik. (2019). Hasil UNBK. Jakarta. Retrieved from hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. In Prosiding Sewminar Nasional Etnomatnesia (pp. 721–724). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Retrieved from jurnal.estjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia

Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students : A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. https://doi.org/ISSN 1839‐9053

Rezkillah, I. I., & Haryanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Program Studi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 8(2), 257–268. https://doi.org/10.24815/jspi.v8i2.17322

Riadi, A. (2016). Problem-Based Learning Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 1 Daha Utara Dan SMPN 2 Daha Utara. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.44

Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah, strategi metakognisi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tekno-Pedagogi, 1(2), 1–14. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/668/595

Siregar, B. P. (2020, September). Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Tertinggal dari Singapura. Warta Ekonomi.Co.Id. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlah-pengusaha-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura

Suhirman, Yusuf, Muliadi, A., & Prayodi, S. (2020). The Effect of Problem-Based Learning with Character Emphasis toward Students Higher-Order Thinking Skills and Characters. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 183–191. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.12061

Supriatna, H. (2017). Pembentukan Kemampuan Literasi Matematika dan Jiwa Kewirausahaan pada Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berpendekatan Entrepreneurial Pedagogy. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 1–10. Retrieved from http://jounal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Sutrisno, Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580–590. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2804

Syafi’i, A., M , Tri, S. . K. (2018). Study About Student Learning Achievement Aspect and. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Sklills and Academic Performance of Student in Mathematics Intruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78

Yunitasari, I. (2018). Desain Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Pasundan scienti. Universitas Pasundan. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40251




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: