MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI HIGHER ORDER THINKING (HOT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Utin Desy Susiaty(1*), Dwi Oktaviana(2),

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis strategi HOT terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan rancangan 4-D menurut Thiagarajan yang merupakan perpanjangan dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), and Dessemination (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa SMP Koperasi Pontianak. Instrumen dalam peneltiian ini adalah lembar validasi ahli, angket dan tes. Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan pembahasan terhadap modul pembelajaran matematika berbasis strategi HOT terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dapat simpulkan bahwa: (1) modul pembelajaran matematika berbasis strategi HOT terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat valid, kriteria praktis dengan kategori sangat praktis dan memenuhi kriteria efektif

Keywords


Berpikir tingkat tinggi, matematika, strategi HOT

References


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–129. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/25/436

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA (PysTHOTS) PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Lestari, W., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik Untuk Kelas VII SMP Semester I. Jurnal Analisa, 4(1), 51–60.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Mustapa, K. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(4), 348–357. http://journal.um.ac.id/index.php/jph

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Development of Test Instruments Based on Revision of Bloom’s Taxonomy to Measure the Students’ Higher Order Thinking Skills. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(1), 21. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i1.5638

Retnoasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS ( Higher Order Thinking Skill ) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 48–53.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. CV. Alfabeta.

Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Matematika Smp. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1697

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 285. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22992

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2019). Analisis Kebutuhan Instrumen Tes Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa. Proceedings of the 1st ICOLED – IKIP-PGRI Pontianak, 171–178.

Tjiptiany, E., As’ari, A., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973

Wati, R. W. I., Lesmono, A. D., & Prastowo, S. H. B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 202–207.

Zalukhu, M. C., & Ziraluo, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 6(1), 60–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.