EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DI ERA COVID-19

Asep Ikin Sugandi, Martin Bernard, Linda Linda

Abstract


Pada masa covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara daring (online), sehingga dibutuhkan beberapa alat belajar berbantuan ICT yang mampu menunjang efektivitas pembelajaran dengan baik yaitu Geogebra. Penelitian  ini bertujuan untuk menelaah  efektivitas pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta di kota cimahi, sedangkan sampelnya dipilih tiga kelas yang banyaknya 80 dari satu SMK swasta di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat tes kemampuan penalaran yang berbentuk soal uraian sebanyak 4 soal. Soal tersebut sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 18 diperoleh hasil bahwa model berbasis masalah dengan bantuan Geogebra dengan model berbasis masalah maupun biasa memiliki nilai sign. sebesar 0,000, karena nilai sign. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih efektif dibandingkan model pembelajaran berbasis masalah maupun model biasa ditinjau dari  kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan demikian penerapan model berbasis masalah berbantuan Geogebra lebih efektif dibandingkan model berbasis masalah maupun konvensional  terhadap kemampuan penalaran matematis.

 

 Abstract

 

During the Covid-19 period, learning was carried out online, so it needed several ICT-assisted learning tools that were able to support the effectiveness of learning well, namely Geogebra. This study aims to examine the effectiveness of Geogebra-aided problem-based learning on abilities. The method used in this study is a quasi-experimental method. The population of this study was all private vocational students in the city of Cimahi, while the sample was selected in three classes with a total of 80 from one private vocational school in the city of Cimahi. The instrument used in this study was a set of reasoning ability tests in the form of 4-item description questions. These questions have fulfilled good questions based on validity, reliability, distinguishing features and difficulty index. Based on the results of calculations using SPSS 18 shows that the problem-based model base on Geogebra with problem-based and ordinary models has a sign value. of 0.000, because of the sign value. <0.05, it can be concluded that learning using a Geogebra-assisted problem-based model is more effective than problem-based learning models and ordinary models in terms of students' mathematical reasoning abilities. Therefore the results are obtained the application of a Geogebra-based problem-based model is more effective than a problem-based or conventional model in terms of mathematical reasoning abilities.

Keywords


berbasis masalah; Geogebra; penalaran matematis; problem based; Geogebra; mathematical reasoning

References


Alam, P. P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Baraka Enrekang. Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 16–22.

Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1).

Brodie, K. (2010). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. Springer Science & Business Media., 775.

Cetin, Y., Mirasyedioglu, S., & Cakiroglu, E. (2019). An Inquiry into the Underlying Reasons for the Impact of Technology Enhanced Problem-Based Learning Activities on Students’ Attitudes and Achievement. Eurasian Journal of Educational Research, 7(9), 191–208.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (I). Bandung: Refika Aditama.

Hohenwarter, M., et al. (2010). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia;Http://Www/Publications.Uni.Lu/Record/2718/Files/ICME11-TSG16.Pdf. [8 Desember 2020].

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169.

Murdas, M. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII.A MTs di Lero Kec.Suppa Kab.Pinrang. Skripsi: Tidak Diterbitkan.

Ramadhani, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Ilmiah INTEGRITAS, 2(1).

Rosnawati. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34–39.

Simbolon, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Universitas Negeri Medan, Unimed Press. 1-9.

Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software Geogebra sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 224–228.

Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan GeoGebra. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Sulistianto, J. (2011). Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Open-Ended dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah Pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).

Sumarmo, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian dan Pembelajaran Matematika. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Takači, D., Stankov, G., & Milanovic, I. (2015). Efficiency of learning environment using GeoGebra when calculus contents are learned in collaborative groups. Computers & Education, 8(2), 421–431.

Wahyuddin, M. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 72–82.

Widjaja, W., Dolk, M., & Fauzan, A. (2010). The role of contexts and teacher’s questioning to enhance students’ thinking. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 168–186.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: