KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERBASIS BUDAYA JAMBI PADA MATERI PECAHAN

Muslimahayati Muslimahayati(1*), Syutaridho Syutaridho(2), Michrun Nisa Ramli(3), Rahmat Nursalim(4),

(1) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
(2) UIN Raden Fatah Palembang
(3) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(4) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kota Jambi dalam menyelesaikan soal terbuka (open ended problem) berbasis budaya Jambi pada materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kota Jambi. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kota Jambi. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah (KPM) matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended berbasis budaya Jambi pada siswa kemampuan sedang dan tinggi tergolong pada kategori baik. Sedangkan untuk siswa kemampuan rendah berada pada kategori kurang sehingga siswa pada kemampuan rendah masih perlu bimbingan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penelitan berbasis budaya dalam penelitian ini menjadi sebuah metode baru yang mendekatkan siswa kepada pengetahuan serta menjadikan mereka mampu mentransformasikan hasil jawaban ke dalam bentuk dan prinsip yang kreatif tentang bidang ilmu.


Keywords


Budaya Jambi; Kemampuan Pemecahan Masalah; Pecahan; Soal Open Ended

References


Andriyani, & E, K. (2017). Etnomatematika : Model Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, II(2), 133–144.

Aziza, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tertutup dan terbuka pada pokok bahasan lingkaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 126–138. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.26563

Fitriana, N., & Purwasih, L. A. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. AKSIOMA ; Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 425–433.

Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 201–212.

Muslimahayati, M. (2020). Pengembangan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2459

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standard For School Mathematics. Virginia: NCTM.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 38–49. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9106

Polya, G. (2014). How to solve it: A new aspect of mathematical method. New Jersey: Princeton University Press.

S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Suandito, B., Darmawijoyo, D., & Purwoko, P. (2013). Pengembangan Soal Matematika Non Rutin Di Sma Xaverius 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.325.

Thursina, A. F., & Sutriyono. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Open Ended Pada Materi Bangun Datar Segiempat bagi Siswa SMP. 1(1), 96–102.

Watson, J. M., & Chick, H. L. (2001). Factors influencing the outcomes of collaborative mathematical problem solving: An introduction. Mathematical Thinking and Learning, 3(2–3), 125–173.

Yanti, D., Widada, W., & Zamzaili. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Open Ended Peserta Didik Sekolah Negeri Dan Swasta Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 203–209. https://doi.org/https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i1.6284

Yusuf, M., Zulkardi, Z., & Saleh, T. (2013). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.327.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.