PROSES BERPIKIR INKUIRI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI TINGKAT KOGNITIF

Anas Ma'ruf Annizar, Ayu Chinintya Lestari, Sofiah Sofiah, Gusti Firda Khairunnisa, Mohammad Archi Maulyda

Abstract


Dalam menyelesaikan masalah matematika, berpikir inkuiri pada model pembelajaran inkuiri berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir inkuiri siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS yang diadaptasi dari soal PISA dan ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 3 subjek yang terdiri dari subjek yang memiliki tingkat kognitif tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai rapor siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan. Subjek 1 yang memiliki kognitif tinggi memenuhi semua indikator yakni mengamati, menyelidiki, menemukan sifat, mengeneralisasi serta menemukan hubungan secara detail dan sistematis dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Subjek 2 yang memiliki kognitif sedang mengalami kesulitan dalam menemukan hasil dari strategi yang diterapkan. Sedangkan Subjek 3 yang memiliki kognitif rendah menyelesaikan masalah dengan alur penyelesaian yang berbedaa dari subjek lainnya, yaitu mengamati objek, menyelidiki, menyusun generalisasi, menemukan sifat, lalu menemukan hubungan. Sedangkan pada sisi proses, ke-3 subjek memiliki ciri khas masing-masing dalam mendekati masalah.

 

In solving math problems, inquiry thinking in the inquiry learning model plays an important role in improving students' high-level thinking skills (HOTS). Therefore, this study aims to describe the student's inquiry thinking process in solving HOTS problems adapted from PISA questions and reviewed from the student's cognitive level. The method used in this study is descriptive with a qualitative approach. As for the subject determination technique, researchers used purposive sampling techniques by taking 3 subjects consisting of subjects with high, medium, and low cognitive value based on student report scores. Data collection techniques are performed with tests, interviews, and documentation. The triangulation used by researchers to test the validity of data is the method triangulation. The results showed highly cognitive S1 meets all indicators: observing, investigating, discovering traits, generalizing and finding relationships in detail and systematically in solving given problems. S2 who have cognitive difficulties in finding the results of the strategies applied. Meanwhile, S3, which has low cognitive solving problems with different settlement flows than other subjects, is observing objects, investigating, generalizing, discovering traits, and then finding relationships. While on the process side, all 3 subjects have their own characteristics in approaching the problem.


Keywords


Inquiry thinking; HOTS; Mathematics; Inquiry Learning Model; inkuiri

References


Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012054

Annizar, A. M., Masrurotullaily, Jakaria, M. H. ., Mukhlis, M., & Apriyono, F. (2020). Problem solving analysis of rational inequality based on IDEAL model. Journal of Physics: Conference Series, 1465(2020), 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012033

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Annizar, A. M., Sisworo, & Sudirman. (2018). Pemecahan Masalah menggunakan Model IDEAL pada Siswa Kelas X Berkategori Fast-Accurate. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 634–640.

Apedoe, X. S., & Reeves, T. C. (2006). Inquiry-based Learning and Digital Libraries in Undergraduate Science Education. Journal of Sciense Education and Technology, 3. https://doi.org/10.1007/s10956-006-9020-8

Bakry, & Bakar, M. N. Bin. (2015). The Process of Thinking among Junior High School Students in Solving HOTS Question. International Journal of Evaluation and Reasearch in Education, 4(3), 138–145.

Driana, E. (2019). Teachers’ Understanding and Practices in Assessing Higher Order Thinking Skills at Primary Schools. Acitya: Jurnal of Teaching & Learning, 1(2), 110–118.

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling dalam menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8.

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Timss Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan Kemampuan Hots Siswa Berdasarkan Standar PISA dan TIMSS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. EduMa, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55–64.

Hendryarto, J., & Amaria. (2013). Implementation Inquiry Learning Model For Training High Order Thinking Skills of The Students on Main Material of Reaction Rate. Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 151–158.

Hilman, & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Metode Inkuiri pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40–50.

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MAtematika Universitas Pattimura, 1, 21–24.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, K. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. In Aditama Publisher. Aditama Publisher.

Mandini, G.W., & Hartono (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS model TIMSS dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengan Pertama. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148-157.

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Tebimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 1–10.

Melanie, M. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2016). Deskripsi Proses Penyelesaian Soal Cerita Materi Perbandingan pada Siswa Kelas Vii SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 1–11.

Meutia, I., Sitompul, S. S., & Mahmuda, D. (2018). Penerapan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Prodi Fisika Untan, 1–8.

Perbangsa, W. W. A., & Haq, C. N. (2014). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Guided Note Taking Dengan Team Accelerated Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(Sep3tember), 179–192.

Permendiknas. (2006). Permenpan RI No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengahtle.

Pradani, S. L., & Nafi’an, M. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 112–118.

Puspa, R. D., As’ari, A. R., & Sukoriyanto. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2017), 86–94.

Sigit, J., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel ( SPLTV ) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang. Jurnal Variabel, 1(2), 60–65.

Surya, E. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 86–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: