PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MEMBUKTIKAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN
(1) Universitas Kanjuruhan Malang
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk memperoleh media pembalajaran pop up book yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran matematika. Peneliti menggunakan Model ADDIE dengan instrumen, yaitu angket dan post test berupa jawaban soal evaluasi untuk mengetahui keefektifan media. Uji coba dilakukan di SMP Taman Siswa Kesamben Blitar dan SMP PGRI 02 Kesamben Blitar. Berdasarkan hasil validasi darii validator memperoleh kriteria valid dari ahli materi memperoleh skor 3,58, ahli media memperoleh skor 3,43, dan validator dua ahli pembelajaran memperoleh skor 3,45 dengan kriteria valid. Kepraktisan media diperoleh dari hasil uji coba lapangan terbatas skor kepraktisan (Pk) 3,32 dengan kriteria praktis. Uji coba lapangan luas memperoleh skor kepraktisan (Pk) 3,37 dengan kriteria praktis. Keefektifan media dari siswa uji lapangan terbatas 100%, Keefektifan media dari tes siswa pada uji lapangan terbatas, yaitu 100%, sedangkan uji lapangan luas, yaitu 92,8% dengan kriteria efektif. Dilihat dari skornya, bahwa media hasil pengembangan dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran matematika.
Abstract
The purpose of this study was to obtain a valid, practical and effective pop up book learning medium in learning mathematics. Researchers used the ADDIE Model with instruments, namely questionnaires and post tests in the form of answers to evaluation questions to determine the effectiveness of the media. The trial was conducted at SMP Taman Siswa Kesamben Blitar and SMP PGRI 02 Kesamben Blitar. Based on the validation results, the validator obtained valid criteria from the material expert obtaining a score of 3.58, the media expert obtained a score of 3.43, and the validator of two learning experts obtained a score of 3.45 with valid criteria. The practicality of the media was obtained from the results of a limited field trial of a practicality score (Pk) of 3.32 with practical criteria. The broad field trial obtained a practicality score (Pk) of 3.37 with practical criteria. The effectiveness of the media from the students in the field test was limited to 100%, the effectiveness of the media from the student tests on the limited field test, namely 100%, while the broad field test was 92.8% with effective criteria. Judging from the score, that the developed media can be used effectively in learning mathematics.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2020). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1), 389–398.
Ambar Setyomurni, R., Putra, R. P., & Qomariyah, L. (2019). Nus-Trick (Muslihat Nusantara) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Pemahaman Konsep Pola Bilangan. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2536
Baiduri, B. B., Taufik, M.-, & Elfiani, L.-. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951
Baiduri, B., Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP. Aksioma Jurnal, 8(1), 248–261.
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13–17.
Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).
Fitriyah, S. (2018). The Effectiveness of Problem Based Learning Pop Up Book to the Mathematic Students Ability on Problem Solving Class VIII. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(1), 72–87.
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 10–24.
Ikbal, M. S., Rafiqah, R., & Khuzaimah, A. U. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pop-up Book. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 53–60.
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). MODEL Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32.
Kusrianto, S. I., Suhito, S., & Wuryanto, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas Viii Pada Aspek Representasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).
Lu’luilmaknun, U., & Wutsqa, D. U. (2018). Efektivitas Media E-Learning Dengan Metode Guided Discovery Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Siswa. 7(3), 12.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38–43.
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–11.
Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1).
Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64.
Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. (2015). The criteria of learning media selection for character education in higher education.
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). Pengembangan media belajar Pop-up Book pada materi minyak bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.
Susilo, T., Sujadi, I., & Indriati, D. (2018). Developing A Media ‘Visual Design of Pop Up Mathematics Book’as a Supporting Tool in Inquiry-Based Learning for Learning Three-Dimensional Figures. 1108(1), 012029.
Sutarka, I. W. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Classroom Dalam Pembelajaran Materi Tri Guna Bagi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Parigi Pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3a–1).
Svinicki, M. D. (1998). A theoretical foundation for discovery learning. Advances in Physiology Education, 275(6), S4.
Widya, P. N., Ariyanto, L., & Murtianto, Y. H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 95–101.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3091
Refbacks
- There are currently no refbacks.