KUALITAS SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA SISWA SMP KELAS VII

Koryna Aviory(1*), MM. Endang Susetyawati(2),

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas butir soal HOTS pada siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan, lebih tepatnya sampai analisis kualitas butir soal HOTS. Analisis soal bertujuan untuk menghasilkan soal valid dan reliabel, selain dapat mengidentifikasi soal. Penilaian hanya terbatas pada aspek keterampilan, sehingga pembuatan instrumen meliputi beberapa kompetensi dasar yang ada pada kelas VII. Instrumen yang telah disusun dilakukan uji validitas. Uji validitas tersebut meliputi validitas isi, validitas konstruk dan validitas empiris. Validitas empiris melalui ujicoba skala terbatas dengan jumlah sampel 80 siswa. Penelitian ini menghasilkan empat butir soal HOTS yang mengacu pada berpikir tingkat tinggi, dengan indikator menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Nilai reliabilitasnya 0,74, berada pada level reliabilitas yang tinggi.

 

 


Keywords


HOTS (High Order Thinking Skill)

References


Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2), 123–131.

Cook, C. E., & Décary, S. (2020). Higher order thinking about differential diagnosis. Brazilian Journal of Physical Therapy, 24(1), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.bjpt.2019.01.010

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Hakim, M. (n.d.). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR FULLDAY DARUL ILMI SURABAYA Rahmawati Fani Hakim Mustaji.

Jarvis, M., & Baloyi, O. B. (2020). International Journal of Africa Nursing Sciences Scaffolding in reflective journaling : A means to develop higher order thinking skills in undergraduate learners. International Journal of Africa Nursing Sciences, 12(December 2019), 100195. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2020.100195

Lederman, D. W. F. (2003). Research and development (R&D) and development. 1. http://documents.worldbank.org/curated/en/778751468739477640/Research-and-development-R-D-and-development

Mathias B, C. et all. (2013). Assessment of Divergent Thinking by Means of the Subjective Top-Scoring Method: Effects of the Number of Top-Ideas and Time-on-Task on ReHabiHty and Vahdity Mathias. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 7(4), 341–349. https://doi.org/10.1037/a0033544

Mei, Y., Yunos, J., Othman, W., Hassan, R., & Tze, T. (2012). The needs analysis of learning higher order thinking skills for generating ideas. 59, 197–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.265

Öztürk Birge, A., Tel Aydın, H., & Salman, F. (2020). The development of a delirium knowledge test for intensive care nurses: A validity and reliability study. Intensive and Critical Care Nursing, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.iccn.2020.102900

Roets, L., & Maritz, J. (2016). FACILITATINGTHE DEVELOPMENT OFHIGHER-ORDERTHINKING SKILLS (HOTS) OF NOVICENURSING POSTGRADUATES IN AFRICA. YNEDT. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.11.005

Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2018). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6619.41-54

Thnull, N. (2017). Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on S tudents ’ Learning of Linguistics. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarna Surapranata. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Krurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.

Waminton Rajagukguk. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Medan: Media Akademi.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.