PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Linda Rosmery Tambunan, Elvira Sundari

Abstract


Perkembangan teknologi semakin canggih dengan bukti adanya perkembangan era revolusi industri 4.0. Perkembangan ini berpengaruh pada bidang pendidikan, yang mana pembelajaran menuntut memanfaatkan alat teknologi, sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku digital pada materi persamaan garis singgung lingkaran kelas XI SMA yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Data dianalisis dengan statistika deskriptif untuk mencari persentase skor rata-rata dengan bantuam msi. Hasil yang diperoleh adalah buku digital memenuhi kategori yang valid dari aspek materi dan aspek media dengan hasil persentase 64,7%. Jadi, buku digital pada materi persamaan garis singgung lingkaran kelas XI SMA yang dikembangkan dinyatakan valid.

The development of technology is increasingly sophisticated with evidence of the development of the industrial revolution era 4.0. This development has an effect on the field of education, where learning requires the use of technological tools, in accordance with the 2013 curriculum. The purpose of this study is to develop a digital book on the material tangent to circle class XI SMA which is valid. This research is a development research with the ADDIE model. The data collection technique used was a questionnaire. The research instrument used was a validation sheet. Data were analyzed using descriptive statistics to find the average score percentage with msi assistance. The results obtained are digital books that meet valid categories in terms of material aspects and media aspects with a percentage of 64.7%. So, the digital book on the material for the tangent equations to circle class XI SMA that was developed is declared valid.

 


Keywords


development; digital book; equation tangen to circle; valid; buku digital; pengembangan; persamaan garis singgung lingkaran

References


Argarini, D. F., Yazidah, N. I., & Kurniawati, A. (2019). Pengembangan smart book materi geometri untuk siswa SMP berbasis konstruktivisme. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 344–353. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2156

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Febrian, & Fera, M. (2019). Kualitas perangkat dan keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah micro teaching menggunakan analisis model rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Jazuli, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(20), 47–65.

Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model 4D untuk kelas inklusi sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Maju, 4(1), 38–50.

Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education dengan konteks kemaritiman untuk peserta didik SMA kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133–142.

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan buku digital interaktif matematika pada materi geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 196–207.

Nurbaiti, & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan youtube pembelajaran kedudukan garis terhadap lingkaran di SMA menggunakan videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 229–239. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4053

Prasetya, D. D., Widiyaningtyas, T., & Prastuti, E. (2016). Buku digital cerita anak berbasis mobile. Tekno, 26(2), 130–135.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software Imind map pada siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.

Putrawansyah, F. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50.

Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis buku digital elektronic publication (epub) menggunakan software sigil pada mata kuliah pemrograman dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i1.732




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: