PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA
(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas A dan B IKIP PGRI Pontianak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah matematika diskrit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dimana pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model PBL lebih besar daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran dengan model PBL peningkatan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran langsung.
The purpose of this study was to determine whether the increase in student problem solving abilities with the Problem Based Learning (PBL) model was better than direct learning. This research is a quasi experimental study with a pretest-posttest control group design. The sample in this study were the fifth semester students of class A and B IKIP PGRI Pontianak with cluster random sampling technique. The research instrument used was a test problem solving ability in discrete mathematics courses. The results showed that there was an increase in problem solving abilities where hypothesis testing using the Mann-Whitney test obtained Asymp. Sig. (2-tailed) of 0,000 less than 0,05, the average problem solving ability using the PBL model is greater than the average problem solving ability using direct learning. From the results of the study, it can be concluded thet students whose learning applies PBL model increase their problem solving abilities significantly better than students whose learning used direct learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akçay, B. (2009). Problem-based learning in science education. Journal of Turkish Science Education, 6(1), 26–36.
Ananggih, G. W., Yuwono, I., & Sulandra, I. M. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman MAatematika. Jurnal Pendidikan, 1(1), 18–23.
Cheriani, Mahmud, A., Tahmir, S., Manda, D., & Dirawan, G. D. (2015). Problem-based learning-buginese cultural knowledge model-case study: Teaching mathematics at junior high school. International Education Studies, 8(4), 104–110. https://doi.org/10.5539/ies.v8n4p104
Dehkordi, A. H., & Heydarnejad, M. S. (2008). The Impact of Problem Based Learning and Lecturing on the Behaviour and Attitudes of Iranian Nursing Students. Danish Medical Bulletin, 55(4), 224–226.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761
Fitriyah, S. (2017). The Effectiveness of Problem Based Learning Pop Up Book to the Mathematic Students Ability on Problem Solving Class VIII. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(1), 47–58.
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186.
Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719
Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280
Padmavathy, R. D., & Mareesh, K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary E-Journal, II(I), 45–51. Retrieved from www.shreeprakashan.com
Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.
Rahayu, Z. U. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Catur Tunggal 4 Depok Sleman. Jurnal Elementary School, 1(1), 67–85.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23
Raimi, S. M., & Adeoye, F. A. (2012). Problem Based Learning Strategy and Quantitative Ability in College of Education Students’s Learning of Integrated Science. Ilorin Journal of Education, 1–11.
Samo, D. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Tahun Pertama dalam Memecahkan Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141–152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470
Schmidt, W. (2010). A Brief History of Problem Based Learning. Dalam O’ Grady, G., Yew, E. H. J., Goh, K. P, L., & Schmidt, H. G (Eds.), One Day, One-Problem: An Approach to Problem based Learning (pp 21-40). Singapore: Springer.
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). Dampak Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Sainsifik Terhadap Berpikir Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 96–104.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069
Refbacks
- There are currently no refbacks.