PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKRI KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Putu Mahendra Adi(1*), Sariyasa Sariyasa(2), I Made Ardana(3),

(1) Universitas Pendidikan ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Learning berbantuan geogebra terhadap  kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 380 siswa dan terbagi menjadi sebelas kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah sebanyak 66 siswa yang terbagi menjadi dua kelas (kelas eksperimen dan kontrol). Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan nilai F = 3861.636 dan sig. = 0,000 ( ρ < 0,05) Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model Flipped Learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa.


Keywords


Critical Thinking Ability; Flipped Learning; Motivation

References


Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153.

D’Addato, T. (2016). An Inquiry into Flipped Learning in Fourth Grade Math Instruction. The Canadian Journal of Action Research, 17(2), 33–55.

Facione, A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Indaryati. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media for the Teaching of Mathematics To Enchance the Motivation and Mathematics Learning Outcomes Grade V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Mertasari, N. M. S. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MELAYA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 5(2).

Priatna, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 93–100.

Usmadi, U. (2019). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas XI SMKN 2 Padang Panjang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 192.

Zengin, Y. (2012). The effect of dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 183–187.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.