KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI BRAIN DOMINANCE
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan pada materi pola bilangan ditinjau dari brain dominance. Penentuan subjek berdasarkan brain dominance siswa kelas VIIIC SMP Negeri 13 Madiun. Berdasarkan angket brain dominance yang dibagikan diperoleh 4 subjek yang terdiri dari 2 subjek left brain dominance dan 2 subjek right brain dominance. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil angket, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) subjek left brain dominance memenuhi tiga aspek memenuhi tiga aspek kemampuan metakognitif yaitu mengembangkan perencanaan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi tindakan dan dari ketiga aspek yang termunculkan siswa dengan left brain dominance memiliki tingkat kemampuan metakognitif reflective use. (2) subjek rightt brain dominance memenuhi tiga aspek memenuhi tiga aspek kemampuan metakognitif yaitu mengembangkan perencanaan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi tindakan dan dari ketiga aspek yang termunculkan siswa dengan right brain dominance memiliki tingkat kemampuan metakognitif aware use dan strategic use
Abstract
This study aims to analyze the metacognitive abilities of junior high school students in solving problems in the number pattern material in terms of brain dominance. In determining subjects based on brain dominance of VIIIC grade students of SMP Negeri 13 Madiun. Based on the brain dominance questionnaire distributed obtained 4 subjects consisting of 2 subjects left brain dominance and 2 subjects right brain dominance. The type of research used is qualitative research. Data collection techniques in this study are based on the results of questionnaires, tests, and interviews. The data validity technique is done by triangulation techniques. Data analysis was performed by data reduction, data presentation, and data verification and conclusion drawing. The conclusions from the results of this study are (1) the left brain dominance subject fulfills three aspects of fulfilling three aspects of metacognitive abilities namely developing planning, monitoring implementation and evaluating actions and of the three aspects that arise students with left brain dominance have a level of reflective use metacognitive ability. (2) the rightt brain dominance subject fulfills three aspects of meeting three aspects of metacognitive abilities, namely developing planning, monitoring implementation and evaluating actions and of the three aspects that arise students with right brain dominance have a level of metacognitive abilities aware of use and strategic use
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ameen, A. (2017). A study of right and left brain dominant students at IB&M with respect to their gender, age and educational background. International Journal of Advances in Scientific Research, 3(9), 115. https://doi.org/10.7439/ijasr.v3i9.4334
Budi M, I., & Ghofar CW, A. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1472
Fauziah, A. F. (2017). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Menengah Pertama.
Herlina, K. (2017). Development of Optics Learning Model to Build Mental Models and Problem Solving Ability. Atlantis Press, 57(ICMSEd 2016), 53–59.
Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 93–105. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105
Kök, İ. (2014). Listening Comprehension Achievement and Brain Dominance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 122, 329–334. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1348
Kurniawati, E., Hartono, & Zamzaili. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) Integratif Dan Kemampuan Awal Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 174–187.
Lusiana, R., Suprapto, E., Andari, T., & Susanti, V. D. (2019). The influence of right and left brain intelligence on mathematics learning achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032122
Lusiana, Restu. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290
Mansour, E. A., El-Araby, M., Pandaan, I. N., & Gemeay, E. M. (2017). Hemispherical Brain Dominance and Academic Achievement among Nursing Students. IOSR Journal of Nursing and Health Science, 06(03), 32–36. https://doi.org/10.9790/1959-0603083236
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004
Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., Susiswo, & Zayyadi, M. (2020a). Novice and Experienced Mathematics Teachers ’ Decision Making Process in Designing Math Problem. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1464(012030), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012030
Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., & Susiswo. (2020b). Exploring the Types of Problems Task by Mathematics Teacher to Develop Students’ HOTS. In AIP Conference Proceedings 2215 (Vol. 060018, pp. 1–7).
Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., & Susiswo. (2020c). Decision Making of Prospective Mathematics Teacher in Designing of Cartesian coordinate Teaching. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1–7.
Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Matlab. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.295
Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Ditinjau Dari Dari Kemampuan Metakognitif Awal Dalam Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 25–32.
Nurjanah, A. I., Milama, B., & Fairusi, D. (2020). Students’ Metacognitive Awareness and Reading Comprehension of Narrative Texts. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(1), 73–86. https://doi.org/10.15408/ijee.v7i1.17027
Nurkhaffah, P. S., & Mahmudi, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran CTL Berbasis Pemecahan Masalah Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Effectiveness. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 3.
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Sains Berdasarkan Tingkat Kemampuan Metakognisi. Edusains, 10(2), 254–264.
Panggayuh, V. (2017). Pengaruh Kemampuan Metakognitif Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(1), 20–25.
Parlan, P., Astutik, N. A. I., & Su’aidy, M. (2019). Analisis Pengetahuan Metakognitif Dan Kesadaran Metakognitif Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Prestasi Belajarnya Pada Materi Larutan Penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p001
Pertiwi, F. N., Ahmadi, A., & Fadly, W. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Mahasiswa Melalui Mai (Metacognitive Awareness Inventory) Pada Eksperimen Berbasis Problem Solving. Kodifikasia, 12(1), 35. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i1.1417
Saputra, N. N., & Andriyani, R. (2018). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Sma Dalam Proses Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1403
Sukmaangara, B., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis struktur berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah tes kemampuan berpikir kritis matematik berdasarkan dominasi otak. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (pp. 89–95).
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 2.
Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21
Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif (Metakognisi’S Profile Student in Solve Equation System Problem Linear Two Variable Bases To Inspire Kognitif). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo ISSN: 2337-8166, 1(1), 13–24.
Wigati, & Sutriyono. (2018). Deskripsi Penggunaan Otak Kiri Dan Otak Kanan Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bagi Siswa SMP. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.
Yantoro, Susanti, E. P., & Kurniawan, A. R. (2020). Problema Guru dalam Mengajarkan Berhitung Pembegian di Kelas Rendah Sekolah Dasar. MUBTADI, 2(1), 51–59.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3044
Refbacks
- There are currently no refbacks.