PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN WEB COURSE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM, WHATSAPP GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

Sofri Rizka Amalia, Dian Puwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap pemahaman konsep, pengaruh e-learning tipe Web Course berbantuan google classroom dan whatsapp group terhadap pemahaman konsep, dan pengaruh self regulated learning dan e-learning tipe Web Course berbantuan google classroom dan whatsapp group terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini tergolong dalam penelitian Quasi ekperimen tipe One group posttest only design. Subjek penelitian ini adalah mahasiwa semester IV sejumlah 17 mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Peradaban. Pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji regresi dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara penerapan e-learning berbantuan google classroom dan whatsapp group  terhadap kemampuan pemahaman konsep, terdapat pengaruh positif antara self regulated learning terhadap kemampuan pemahaman konsep, dan terdapat pengaruh positif antara self regulated learning dan penerapan e-learning berbantuan google classroom dan whatsapp group  terhadap kemampuan pemahaman konsep.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of self-regulated learning on concept understanding, the effect of e-learning type of Web Course assisted by google classroom and Whatsapp group on concept understanding, and the effect of self regulated learning and e-learning type of Web Course assisted by google classroom and Whatsapp group on understanding concept. This research belongs to the Quasi type One group posttest only design experiment. The subject of this research is the fourth semester students of the mathematics education study program at the University of Civilization. The research data collection was observation, test and questionnaire. While the data analysis used is a regression test with the SPSS application. The results of this study are that there is a positive influence between the implementation of e-learning assisted by google classroom and Whatsapp group on the ability to understand concepts, there is a positive influence between self regulated learning on the ability to understand concepts, and there is a positive influence between self regulated learning and the application of e-learning assisted by google classroom and Whatsapp group for the ability to understand concepts.


Keywords


E-learning; Google Classroom; Pemahaman Konsep; self regulated learning; Web centric Course; Whatsapp Grup.

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, 12(7), 13–18.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Ashadi, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Media Elektronik, 17(2), 46–51.

Hastjarjo, D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Fauzan, A. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Semirata, 7–14.

Hidayat, R., Lusiyana, D., & Mulyani, M. T. (2017). Kontribusi Penggunaan Software E-Learning Matematika SMP Versi 5.1. terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 41–52.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penangan Corona Virus Disease 2019, 1 (2019).

Juniati, A., Nindiasari, H., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Karakter Siswa SMP dalam Pembelajaran E-Learning. Wilangan, 1(2), 22–36.

Kurniahayati, D., & Syamsurizal. (2012). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Centric Course pada Materi Stoikiometri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Titian Teras Jambi. Edu-Sains, 1(1), 38–44.

Kusuma, J. W. (2020). Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106.

Mahayukti, G. ., Wibowo, D. ., & Sadra, I. . (2015). Kontribusi Kecerdasan Spasial Dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Negeri Di Kecamatan Buleleng. Proceeding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 5(2), 168–177.

Malenda, T. O., Kadir, & Suhar. (2018). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 71–84.

Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanakan Kebijakan Pendidikan dalam Masal Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covif-19), 1 (2020).

Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 1(2), 137–146.

Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 312. https://doi.org/10.21009/jpd.062.13

Putri, G. K., Ani, Y., & Dewi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Effect Of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Al-Fikrah, 2(1), 60–79.

Saputra, J. (2017). Model Problem Based Learning Berbantuan E - Learning terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. KALAMATIKA, 2(2), 117–130.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48–58.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108–117.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Educasia, 3(1), 142–149.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: