KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI REACT DAN STEM
(1) STAIN Gajah Putih Takengon
(2) IAIN Takengon
(3) IAIN Takengon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning : a Preliminary Meta-Analysis. Journal of STEM Education, 12(5 & 6), 23–37.
Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model React Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2281
Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Kusumaningsih, W., Sutrisno, & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan REACT Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197–206.
Lestari, M., Lestari, P. B., & Ridha, M. R. (2018). Penerapan Metode Personalized System Of Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Intermathzo Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 132–139.
Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.
Nugroho, E. S. B., Prayitno, B. A., & Maridi. (2017). Pengembangan Modul Berbasis REACT Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi (2017), 1(1), 1–10.
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21,” 23–34. Surabaya.
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam. (2019). Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465–473. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365
Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–11. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/3749/
Rahmadhani, E.-. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pembelajaran Dengan Strategi REACT. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 14–22. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1415
Rahmadhani, E. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa SD melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Strategi REACT. THEOREMS, 1(1), 9–18.
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat Mahasiswa Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Enginnering, Mathematics). Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 129–140. Jakarta: UHAMKA.
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1684
Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan Stem (Sains Teknologi Engineering Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 654–659. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Utami, T. N., & Jatmiko, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. 1(2), 165–172.
Wijaya, A. P., Yunarti, T., & Ludinsyah, J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 333–343. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2128
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.2986
Refbacks
- There are currently no refbacks.