STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Sufri Mashuri(1*), Jahring Jahring(2), Nasruddin Nasruddin(3),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Dawi-dawi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan melibatkan seluruh siswa kelas VIII sebagai populasi penelitian. Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa: (1) peningkatan  kemampuan pemahaman matematis siswa pada kelas eksperimen yang terdiri dari  26  siswa menunjukkan bahwa nilai minimum 0,14, nilai maksimum  1,00, rata- rata 0,670, standar deviasi 0,206, dan varians 0,042; (2) peningkatan  kemampuan pemahaman matematis siswa pada kelas Kontrol yang terdiri dari 29  siswa menunjukkan nilai minimum  0,25, nilai maksimum 0,86, rata- rata 0,5449, standar deviasi 0,200, dan varians 0,040; dan (3) melalui analisis lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas penelitian telah menunjukkan kriteria aktif dengan nilai rata- rata  persentase sebesar 75% -  90%. Hasil penelitian secara inferensial dengan menggunakan uji-t telah diperoleh nilai (2,287) >  (2,006) yang menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima, secara inferensial ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa.

 

 Abstract

 

This study aims to determine the effectiveness of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model with a Realistic Mathematical Education (RME) in improving the mathematical understanding ability of eighth grade students of MTs Nurul Yaqin Dawi-Dawi. This research is a type of experimental research involving all students of class VIII as the study population. The results of the empirical study show that: (1) improvement in the ability of mathematical in the experimental class consisting of 26 students shows that the minimum value is 0.14, the maximum value 1.00, the average 0.670, standard deviation of 0.206, and variance of 0.042; (2) improvement of students' mathematical understanding abilities in the Control class consisting of 29 students showed a minimum value of 0.25, a maximum value of 0.86, an average of 0.5449, a standard deviation of 0.200, and a variance of 0.040; and (3) through analysis of observation sheets of teacher and student activities in both classes of research have shown active criteria with an average percentage of 75%-90%. The results of inferential research using the t-test has obtained the value of thitung (2.287)>ttabel (2.006) which shows that H0 is rejected and H1 is accepted, this inferential means that there is a significant difference between students' mathematical understanding abilities in the experimental class and control class. From these results it can be concluded that the students' mathematical understanding ability by applying the STAD type cooperative learning model with the RME is effective in improving the mathematical understanding.

Keywords


effectiveness; RME; STAD

References


Djidu, H., & Jailani, J. (2017). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 312–321.

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Jahring, J., & Chairuddin, C. (2019). Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4039

Jahring, J., & Marniati, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 22–26. https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.22-26

Jailani, J., Sugiman, S., Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. UNY Press.

Jarmita, N. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 150–172. https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.470

Mariamah, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP IT Suhadah Yogyakarta. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA “Prisma Sains,” 2(1), 83–89. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1058

Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 113–121. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3557

Nasruddin, N., Mashuri, S., & Jahring, J. (2019). Implementation of Team Assited Individualization Instructional Strategies Supported by Geogebra Software to Improve Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.23960/jpp.v9.i1.201903

Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Pendidikan : E-Saintika, 4(2), 80–94. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169

Saputra, I. G. P., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Creative Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA3 SMAN 1 Watubangga. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 16–21.

Sejati, A. E., Amaluddin, L. O., Hidayati, D. N., Kasmiati, S., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2017). The Effect of Outdoor Study on the Geography Scientific Paper Writing Ability to Construct Student Character in Senior High School. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017), 100, 104–108. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.22

Suandito, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Surtiani, S., & Syahputra, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat di Kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 92–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpmi.v2i1.8936

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.