BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Yuherni Yuherni(1*), Maimunah Maimunah(2), Putri Yuanita(3),

(1) FKIP Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi fungsi untuk  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Rambah. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research & Development)  menggunakan  model pengembangan Bord and Gall  Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM).Persentase rata-rata hasil validasi bahan ajar panduan peserta didik  adalah 81,09 % dengan kategori sangat valid dan persentase bahan ajar panduan guru adalah 87,01% dengan kategori sangat valid. Hasil angket repon peserta didik terhadap bahan ajar sebesar 84,05 % dengan kategori sangat praktis dan tidak ada revisi lagi sehingga bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran matematika materi fungsi. Hasil uji coba  bahan ajar berdasarkan tes KPMM peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata KPMM peserta didik kelas eksperimen (89,16) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (67,97). Berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan maka pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual dapat meningkatkan KPMM peserta didik pada  materi fungsi.

The purpose of this study is to produce contextual-based teaching materials on function materials to improve the mathematical problem solving capabilities of students in Grade X of Sma Negeri 1 Rambah. This type of research isresearch & development using Bord and Gall development model. Research instruments in the form of validation sheets, questionnaires of students' responses and tests of mathematical problem solving skills (KPMM). The percentageof rata-average teacher guide teaching material validation results is 81.09% with a very valid category and the percentage of teacher guide teaching materials is 87.01% with a very valid category. The results of the student repon questionnaire on teaching materials amounted to 84.05% with very practical categories and no revisions so that practical teaching materials were used in the learning of mathematical function materials. The results of the teaching materials trial based on the KPMM test of the learners showed that the average score of the experiment class students (89.16) was higher than in the control class (67.97). Based on the level of validity, practicality and effectiveness, the development of contextual-based mathematical teachingmaterials can increase the KPMM of students in fungsi materials.


Keywords


bahan ajar; kontekstual; pemecahan masalah matematis; teaching materials; contextual; mathematical troubleshooting

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amam, A. (2017). PENILAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. TEOREMA, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Astiti, K. A., & Yusuf, Y. H. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(3), 185–192. https://doi.org/10.35508/fisa.v3i3.625

Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Program bermutu. Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul matematika SMP program bermutu (Kajian kritis dalam pembelajaran matematika di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik.

Ibrahim, I. (2012). Pembelajaran Matematika dengan ICT Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Menuju Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Fourier, 1(2), 47. https://doi.org/10.14421/fourier.2012.12.47-51

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional Materials Oriented to Students ’ Mathematics Problem Solving Skill and Students ’, 1(1), 34–47.

Kristanto, Y. D., Amin, S. M., & Khabibah, S. (2016). The Development of Investigative Learning Materials Using Computer Assisted Instruction in the Topic of Reflection for Grade VII. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 172–182. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.4828

Kurniati, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251

Kushendri, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Journal On Education, 1(03), 94–100.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Mukasyaf, F., Fauzi, K. M. A., & Mukhtar, M. (2019). Building Learning Trajectory Mathematical Problem Solving Ability in Circle Tangent Topic by Applying Metacognition Approach. International Education Studies, 12(2), 109. https://doi.org/10.5539/ies.v12n2p109

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 467–474.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Rahayu, T. P. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR ( The Development of Mathemathics Teaching Materials Based on Contextual at Primary School ), 21–30.

Rangkuti, D., Eka, D., Rangkuti, S., & Al-washliyah, U. M. N. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, (161–172).

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6

Suraji, Maimunah, &Sehatta Saragih. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/0.24014/sjme.v3i2.3897

Syaodih, N. (2017). Methode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zhao, H., & Sullivan, K. P. H. (2017). Teaching presence in computer conferencing learning environments: Effects on interaction, cognition and learning uptake. British Journal of Educational Technology, 48(2), 538–551. https://doi.org/10.1111/bjet.12383

Zulyadaini, D. (2017). A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 30–38. https://doi.org/10.9790/5728-1301033038




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.