KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DAN GENDER

Indah Dwi Mulyastuti(1*), Budiyono Budiyono(2), Diari Indriani(3),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian guardian dan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII I dengan tipe kepribadian guardian, kemudian dipilih 2 peserta didik perempuan dan 2 peserta didik laki-laki menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data adalah teknik triangulasi dengan membandingkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa (1) subjek perempuan berkepribadian guardian memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menulis matematis, menggambar secara sistematis dan ekspresi matematis, dari ketiga indikator yang terpenuhi peserta didik perempuan  menuliskan ide-ide matematika dengan sistematis, mengilustrasikan gambar sesuai permasalahan dengan rapi dan dapat merencanakan model matematika dalam  menyelesaikan permasalahan. (2) subjek laki-laki berkepribadian guardian memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis, namun dalam menuliskan langkah-langkah ide matematis tidak berurutan, tidak rapi dalam mengilustrasikan gambar dari suatu permasalahan tetapi dapat menyelesaikan masalah dengan benar dan tepat sesuai perencanaan yang dibuat.


Keywords


gender; mathematical communication ability; personality types

References


Aliyah, I.M., Yuhana, Y., & Santosa. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Dikdaktik Matematika, 6(2), 161-178.

Aziz, Abdul, Kusmayadi, T.A., & Sujadi, I. (2014). Proses Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Jurnal Pendidik Mat, 2(10), 1079-1093.

Boroujeni, R. & Hasanimanesh. (2015). The Impact of Extroversion and Introversion Personality Types on efl learners’ writing ability. Journal Theory and Practice in Language Studies, 5(1), 212-292.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1(2), 76-89.

Hadiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, ISSN 2088-687X, 7(1), 9-17.

Keirsey & Bates. (1984). Please Understand Me. California: Promotheus Nemesis Book Company.

Khamidah, K. & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231-248.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Melya, L. & Supriadi, N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 337-345.

Mufarrihah, Kusmayadi T.A., & Riyadi. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tipe kepribadian siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 656-667.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. . Virgina: Reston.

Nugraha, T.H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica, 9(1), 1-7.

Rahmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi

matematis dan kemandirian belajar matematika peserta didik. Jurnal FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2(1), 13-23.

Rohmah, N. & Khabibah, S. (2014). Profil Komunikasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau Gaya Kognitif dan Jenis Kelamin. MATHEdunesa Jurnal, 3(2), 121-130.

Werdiningsih, E., Masrukan & Junaedi, I. (2019). The Analysis of Student’s Mathematical Communication Ability on The

Ethno-Mathematics Based Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) Learning. Journal of Primary Education, 8(2), 218-224.

Wijaya, H.P.I., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai dengan Gender dalam Pemecahan Masalah pada Materi Balok dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778-788.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.2959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.