KEPRAKTISAN MODEL PEMBELAJARAN IDEA (ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH, AND APPLY) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yayan Eryk Setiawan(1), Mustangin Mustangin(2*),

(1) Universitas Islam Malang
(2) Universitas Islam Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan konsep yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa adalah dengan mengembangkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa model pembelajaran IDEA ini telah valid secara teoritis. Sebagai penelitian lanjutan, maka perlu diadakan uji coba lapangan dari model pembelajaran IDEA yang telah valid secara teoritis untuk mengetahui kepraktisan model pembelajaran IDEA. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan model pembelajaran IDEA dalam pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Hasil yang dibahas dalam penelitian ini fokus pada hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang merupakan bagian dari pengembangan model pembelajaran IDEA. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh masukan-masukan yang digunakan untuk merevisi lembar kerja mahasiswa dan menambahkan kegiatan-kegitan pada sintaks model pembelajaran IDEA. Dari hasil uji coba kelompok besar diperoleh tingkat kepraktisan model pembelajaran IDEA adalah tinggi, yaitu sebesar 73,47% yang berarti bahwa model pembelajaran IDEA praktis untuk dilaksanakan dalam pembelajaran matematika. Selain itu, melalui uji coba kelompok besar diperoleh kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran IDEA. Kelebihan model pembelajaran IDEA yaitu dapat meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, kreativitas, dan membuat suasana belajar menyenangkan. Sedangkan kekurangan model pembelajaran IDEA yaitu membutuhkan waktu yang relatif lama.

 

One of the efforts to overcome misconceptions experienced by students is by developing an IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) learning model to improve conceptual understanding. Previous research has shown that the IDEA learning model is theoretically valid. As follow-up research, it is necessary to hold a field trial of the theoretically valid IDEA learning model to determine the practicality of the IDEA learning model. For this reason, the purpose of this study was to determine the practicality of the IDEA learning model in mathematics learning. This research method is development research. The results discussed in this study focus on the results of small group trials and large group trials that are part of the development of the IDEA learning model. From the results of the small group trial, it was obtained inputs that were used to revise student worksheets and add activities to the syntax of the IDEA learning model. From the results of large group trials, the practicality level of the IDEA learning model was high, namely 73.47%, which means that the IDEA learning model is practical to be implemented in mathematics learning. Also Besides, through large group trials, the advantages, and weakness of the IDEA learning model were obtained. The advantages of the IDEA learning model are that it can increase interest in learning, understanding concepts, creativity, and create a pleasant learning atmosphere. Meanwhile, the weakness of the IDEA learning model is that it takes a relatively long time.


Keywords


Conceptual Understanding, IDEA Learning Model, Practicality, Trial Learning Model.

References


Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, M. I. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 207–220. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a7

Afriadi, J. (2019). Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Topik SPLDV. Math Educa Journal, 2(2), 231–243. https://doi.org/10.15548/mej .v2i2.191

Akker, J. Van den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. London and New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Arvianto, I. R. (2017). Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 36–47.

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann ’ s Error Analysis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 121–134.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.398

Lembang, S. T., & Ba’ru, Y. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal KIP, 6(3), 249–256.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/ jppm.v10i1.1290

Nasution, T. K., & Sinaga, B. (2017). Development of Student Worksheet Geometry Based Metacognitive Strategy Through Creative Thinking Ability. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(4), 10–18. https://doi.org/10.9790/7388-0704041018

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Sembiring, R. K. B. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Kompleks. Juril AMIK MBP, 5(2), 60–68.

Setiani, R., Sanjaya, I. G. M., & Jatmiko, B. (2019). ARICESA as an alternative learning model to improve learning motivation and understanding of student concepts. International Journal of Instruction, 12(2), 383–398. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12225a

Setiawan, Y. E. (2015). Analisis Domain dan Dampak Mathematical Knowledge for Teaching Terhadap Pengajaran. In Hobri (Ed.), Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC) (pp. 1263–1271). Jember: FKIP Universitas Jember.

Setiawan, Y. E. (2019). Peta Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Lumajang: AL-Mukmin Yes.

Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.80

Setiawan, Y. E. (2020b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14495

Setiawan, Y. E. (2020c). The Thinking Process of Students Using Trial and Error Strategies in Generalizing Linear Patterns. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi. org/10.25217/numerical.v4i1.839

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020a). Panduan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply). Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020b). Validitas Model Pembelajaran IDEA ( Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 53–60.

Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Strategy of Linear Patterns From Field-Dependent Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(1), 77–94. https://doi.org/http://doi.org/10.22342/jme.11.1.9134.77-94

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148–153. https://doi.org/http://dx.doi. org/10.24114/jpkm.v26i3.16377

Usman, M., Saud, S., & Achmad, A. K. (2018). Learning Model Development of Teams-Games-Tournaments (TGT) In Learning German Vocabulary (Wortschatz) for Senior High School Students in Makassar. International Journal of Language Education, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.26858/ ijole.v2i2.5828




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.