PENGEMBANGAN MODUL TEORI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS
(1) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(2) UNiversitas Muhammadiyah Banjarmasin
(3) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teori Peluang untuk mahasiswa Pendidikan Matematika yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini mengembangkan modul mata kuliah dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I Semmel. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi yang diisi oleh ahli bidang pendidikan matematika, lembar penilaian kepraktisan mahasiswa, angket disposisi matematis dan tes hasil belajar siswa. Kualitas modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan penilaian ahli menunjukkan bahwa modul pada kategori valid. Aspek kepraktisan berdasarkan penilaian mahasiswa adalah baik. Aspek efektifitas berdasarkan angket disposisi matematis pada kategori tinggi dan tes hasil belajar mahasiswa sebanyak 75% mendapat nilai minimal 60. Hasil pengembangan merupakan produk modul pembelajaran mata kuliah teori peluang yang valid, praktis dan efektif dan layak digunakan untuk mahasiswa pendidikan matematika.
Abstract
This study aims to develop tthe learning module design of Probability Theory for students of Mathematics Education that is valid, practical and effective. This type of research is research and development method. This study developed a module using the 4D development model (Define, Design, Develop, Dessiminate) developed by Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I Semmel. The research instrument consisted of validation sheets filled out by experts in the field of mathematics education, student practicality assessment sheets, mathematical disposition questionnaires and student learning outcomes tests. The quality of the modules developed is evaluated from the aspects of validity, practical aspects and effectiveness aspects. The validity aspect based on expert judgment shows that modules in the category are valid. The practicality aspect based on student assessment is good. The effectiveness aspect is based on a mathematical disposition questionnaire in the high category and a 75% student learning achievement test gets a minimum score of 60. The results of the development are a product of the learning module of probabilityy theory that are valid, practical and effective and are suitable for use in mathematics education students.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggoro, B. S. (2015). Sejarah Teori Peluang dan Statistika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Bain, L. J., & Engelhardt, M. (1991). Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Duxbury, Thomson Learning.
Beyers, J. E. R. (2012). An examination of the relationship between prospective teachers’ dispositions and achievement in a mathematics content course for elementary education majors. SAGE Open, 2(4), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244012462589
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 0–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025
Devesh, S., & Nasseri, D. A. L. (2014). Effectiveness of Mathematics Module in Foundation Programme in Majan College. International Journal of Emerging Engineering Research and Technology, 2(1), 1–7.
Ekawati, T., Anggoro, B. S., & Komarudin. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada materi Statistika terintegrasi NIlai-nilai Keislaman. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 8(1), 184–192.
Fitri, D. Y., Septia, T., & Yunita, A. (2015). Pengembangan Modul Kalkulus 2 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Di Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Pelangi, 6(1). https://doi.org/10.22202/jp.v6i1.288
Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
Lestari, L. A., Suharto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 40. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320
Lin, F.-L., & Chang, Y.-P. (2019). Research and Development of Mathematics-Grounding Activity Modules as a Part of Curriculum in Taiwan. In Mathematics Education-An Asian Perspective (pp. 151–168). https://doi.org/10.1007/978-981-13-6312-2_8
Mahmudi, A. (2010a). Pengaruh Pembelajaran dengan strategi MHM berbasis masalah terhadap Kemampuan berpikir Kreatif, kemampuan Pemecahan masalah, dan Disposisi matematis, serta persepsi terhadap Kreativitas. Universitas Pendidikan Indonesia.
Mahmudi, A. (2010b). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 17(April), 1–11.
Prayitno, S. H., & Ladyawati, E. (2017). Pengembangan Modul Matematika DIskrit untuk meningkatkan Multiple intelligences Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 21 Oktober 2017, Surabaya,Universitas Airlangga, 190–196. https://doi.org/10.4135/9781506307633.n545
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Telaumbanua, Y. N., Sinaga, B., Mukhtar, & Surya, E. (2017). Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability at High School. Journal of Education and Practice, 8(19), 73–80.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Tinungki, G. M. (2018). Meningkatkan Keyakinan Diri Mahasiswa Menyelesaikan Tugas-tugas pada Mata Kuliah Teori Peluang. KNPMP III 2018, 380–387.
Wijaya, A. P. (2017). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematis. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2824
Refbacks
- There are currently no refbacks.