WORKSHEET BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN ALGEBRAIC REASONING DAN SELF-REGULATED LEARNING

Aflich Yusnita Fitrianna(1), Chandra Novtiar(2*),

(1) Fakultas Pendidikan Matematika dan Sains, IKIP Siliwangi
(2) Fakultas Pendidikan Matematika dan Sains, IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat peningkatan algebraic reasoning mahasiswa melalui pembelajaran worksheet berbantuan Maple dan menganalisis kategori SRL mahasiswa setelah pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi dengan pemilihan kelas A1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan worksheet berbantuan Maple dan kelas A2 sebagai kelas control yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur algebraic reasoning ability dan kuesioner skala sikap self-regulated learning untuk mengukur kemampuan self-regulated learning. Pengolahan data  menggunakan SPSS untuk menguji kenormalan, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata pretes dan N-Gain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan algebraic reasoning mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan worksheet bantuan Maple lebih baik dibandingkan dengan kelas yang memperoleh pembelajaran biasa ; dan 2) Self-Regulated learning (SLR) kelas eksperimen dan kelas kontrol ada pada kategori kuat.

 

Abstract

This study aims to see an increase in students' algebraic reasoning through Maple-assisted worksheet learning and analyze the SRL student category after learning. This research was carried out in the Mathematics Education Study Program IKIP Siliwangi with the selection of class A1 as an experimental class that obtained learning with a Maple-assisted worksheet and class A2 as a control class that gained regular learning. The method in this research is Quasi Experiment with pretest-posttest design. The instrument used in this study was a test instrument to measure algebraic reasoning ability and self-regulated learning attitude scale questionnaire to measure the ability of self-regulated learning. Data processing using SPSS to test normality, homogeneity test and the average difference test of pretest and N-Gain. The conclusions of this study are: 1) Improving the algebraic reasoning ability of students who get learning with Maple help worksheets is better than classes that get regular learning; and 2) Self-Regulated learning (SLR) experimental class and the control class are in the strong category


Keywords


Algebraic Reasoning Ability; Self-Regulated Learning Ability; Software Maple; Worksheet.

References


Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta, 8(1), 1–13.

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201–209.

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186. https://doi.org/10.21009/JPD.072.01

Fulandari, S. D., & Qohar, A. (2012). Pengembangan Students Workhsheet dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Peluang untuk Siswa SMP Kelas IX Bilingual. Urnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, 1(2), 1–11.

Gusnidar, Sutrisno, & S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran Deduktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 403–412.

Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p657-666

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Refika Aditama. Bandung.

Paridjo. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Mahasiswa dalam Materi Trigonometri ditinjau dari Latar Belakang Sekolah melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika UNNES, 814–829.

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Rachmawati, D. O. (2010). Penerapan Model Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 177–184.

Raharjo, J. F. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Saintifik Model PACE pada Mata Kuliah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 135–144.

Razi, Z. M. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,, 8(3), 520–527.

Sadikin, & Herutomo, R. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMA. Prosiding SNPMAT, 1(1), 124–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/9uky6

Suhendri. (2010). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. J. Form, 1(1), 29–39.

Toheri, T., & Sihabudin, S. (2012). Analisis Keterampilan Berpikir Aljabar Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2011-2012 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. J. Pendidik. Mat. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.